5 Motor Baru yang Bakal Jadi Pusat Perhatian di 2016

 2460 views

Tahun 2016 ini, sejumlah pabrikan sudah siap melemparkan puluhan model terbarunya ke pasaran. Apa saja baru yang bakal menarik perhatian di tahun 2016 ini? Berikut beberapa di antaranya.

Yamaha Xabre

Pada Selasa, 26 Januari lalu, Yamaha resmi meluncurkan unit naked bike terbarunya di Bali. Tak tanggung-tanggung, Yamaha mendaulat superstar Valentino Rossi untuk membuka selubung motor terbarunya tersebut yang bernama Yamaha Xabre. Motor ini merupakan ketiga yang diluncurkan Yamaha di bulan Januari setelah motor matik Fino 125 dan Aerox 125LC.

Secara teknis, Xabre menggendong berkapasitas 150cc, SOHC, dengan bore silinder 57 mm, dan langkah piston 58,7 mm. Motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 16,35 hp pada putaran 8.500 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 14,3 Nm pada putaran 7.500 rpm. Motor dengan gaya sporty namun cocok digunakan di jalanan perkotaan tersebut dibanderol dengan Rp29,8 jutaan.

All New Suzuki Satria FU150 Injeksi

Selain Yamaha, pabrikan Jepang lainnya, yaitu Suzuki, juga siap-siap merilis lini terbarunya yang direncanakan bulan Februari. Bernama All New Suzuki Satria FU150 Injeksi, motor ini digadang-gadang akan disokong mesin baru dengan konstruksi 150cc, DOHC, 4-klep.

Dengan bekal mesin tersebut, Satria FU150 Injeksi mampu memuntahkan tenaga hingga 18,24 hp pada putaran mesin 10.000 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 13,8 Nm pada putaran mesin 8.500 rpm. Suzuki juga telah membenamkan liquid-cooled dengan radiator berukuran jumbo sehingga pengendara tidak perlu khawatir terjadi overheating pada mesin.

Z125

Motor ini digadang-gadang bakal membuka segmen baru kendaraan roda dua di Tanah Air. Pasalnya, pesaingnya, Honda Grom atau MSX 125, yang berdimensi sama kecil tak dihadirkan di Indonesia.

Dari sisi desain, Kawasaki Z125 ini memang tergolong mini, karena hanya mengusung velg berukuran 12 inci. Tetapi, motor ini sudah menggunakan ban lebar yang membuat tampilannya lebih gagah. Selain itu, Kawasaki Z125 juga dibekali rem cakram di roda depan dan roda belakang.

Untuk sektor dapur pacu, Kawasaki Z125 bakal mengusung mesin berkapasitas 125cc, SOHC, 2 klep, dengan transmisi 4 percepatan. Meski spesifikasi mesinnya hampir mirip dengan Kawasaki Athlete, namun motor ini sudah mengusung mesin injeksi.

G310R

Motor hasil kolaborasi BMW Motorroad dan TVS ini tampil dengan desain yang sangat garang. Distributor BMW di Indonesia juga sudah memastikan kehadirannya di tahun 2016, meski belum diketahui kapan tanggal pastinya.

BMW G310R dibekali dengan mesin silinder tunggal berpendingin cairan dengan kapasitas 313cc. Mesin ini memiliki double overhead camshafts dan sistem injeksi bahan bakar. BMW mengklaim motor tersebut mampu menghasilkan tenaga 34 hp pada putaran mesin 9.500 rpm dengan torsi 28 Nm pada putaran mesin 7.500 rpm. Mesin tersebut ditemani dengan transmisi enam percepatan.

Keunikan GMW G310R terletak pada posisi throttle body sistem injeksi dan knalpot yang dibuat terbalik, berbeda dari motor yang ada di pasaran. Sementara, knalpotnya berada di belakang dan berhadapan langsung dengan monoshock.

Honda CBR250RR

Motor ini akan mendapatkan beberapa pembaruan dari versi sebelumnya. Menggendong mesin berkapasitas 250cc, motor ini sebelumnya telah memamerkan diri dalam bernama Light Weight Super Sports Concept di ajang Tokyo Motor Show tahun 2015 lalu.

CBR250RR tampil dengan desain agresif dan di luar dugaan. Dan, salah satu highlight utama motor ini adalah bakal membawa mesin double silinder, serta ditujukan untuk pencinta motor canggih dan tangguh.

   
Penulis: