6 Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Sejarah

 7453 views

Ajang MotoGP telah melahirkan beberapa pembalap terbaik di . Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Casey Stoner, dan seringkali dielu-elukan namanya jelang musim tahunan paling dinanti tersebut. Namun tahukah Anda, ada beberapa nama lain yang juga se-fenomenal mereka di masa lalu.

Kali ini, akan kita ulas bersama tentang 6 Pembalap yang pantas mendapat gelar ‘terbaik’ di ajang MotoGP sepanjang masa. Kriteria terbaik ini diambil dari jumlah gelar juara yang disandang hingga pengaruh besar pembalap pada ajang balap paling bergengsi di dunia ini.

Casey Stoner

Stoner tercatat sebagai pembalap termuda yang berhasil menjuarai ajang MotoGP pada tahun 2007, karena di kala itu usianya masih terhitung 22 tahun. Stoner yang asal Australia ini telah akrab dengan balapan sejak usianya masih 4 tahun dan berhasil menjuarai ajang Grand Prix sebanyak 37 kali.

Stoner Pertama kali bergabung dengan tim LCR pada tahun 2006, namun tak lama kemudian Ia pindah ke tim Marlboro pada tahun 2007 dan memenangi ajang MotoGP. Sayangnya takdir Stoner berbalik membawanya pada tim Repsol Honda di tahun 2011 hingga Ia memutuskan untuk pensiun dini di akhir musim 2012.

Casey Stoner

 

John Surtees

Dari sekian banyak juara MotoGP, mungkin hanya John Surtees yang bisa dikatakan paling berbakat. Selain mengikuti ajang MotoGP, Surtees juga tercatat sebagai pembalap F1. Hebatnya lagi, Surtees berhasil menyabet gelar juara di kedua ajang balap berbeda tersebut. Surtees yang berkebangsaan ini telah mengoleksi 7 titel juara sepanjang karirnya.

John Surtees

 

Michael Doohan

Michael Doohan yang berasal dari Australia ini telah menjuarai ajang MotoGP sebanyak 5 kali. Ia tampil cemerlang secara beruntun pada periode 1994 hingga 1998. Sayangnya, Doohan mengalami kecelakaan parah di tahun 1999 yang membuatnya tak bisa lagi mengoleksi gelar juara.

Bersama mantan mekaniknya, Jerremy Burgees, Doohan berhasil mengorbitkan Valentino Rossi untuk mengikuti jejaknya. Total, Doohan telah membawa pulang 54 kemenangan di ajang balap sepanjang karirnya.

Michael Doohan

 

Valentino Rossi

Valentino Rossi dianggap sebagai pembalap paling sukses di Ajang MotoGP untuk saat ini. Pembalap asal yang sering dijuluki The Doctor ini  telah 11 kali menjadi juara dunia pada ajang MotoGP, yakni di kelas 125cc, 250cc, dan 500cc. Tak hanya jago menggeber kuda besinya, Rossi juga pandai menyajikan aksi balap yang menghibur bagi para fansnya.

Valentino Rossi

 

Giacomo Agostini

Mantan pembalap MotoGP ini masih memegang rekor sebagai pembalap dengan gelar juara terbanyak di kelas 500cc. Agostini telah 8 kali memenangkan ajang MotoGP sepanjang hidupnya, yakni pada periode 1966 hingga 1975. 122 kali kemenangan Grand Prix menjadi rekor yang akan sulit dipecahkan oleh pembalap manapun saat ini.

Giacomo Agostini

 

Kenny Roberts

Sebelum dipecahkan oleh Marc Marquez, Kenny Roberts lah yang menyandang gelar sebagai pembalap termuda di ajang MotoGP. Roberts sekaligus menjadi pembalap pertama berkebangsaan Amerika Serikat yang sukses menyabet gelar juara dunia di kelas 500cc.

Hal yang membuat Robert begitu dikenang adalah gaya balap warisannya yang kini banyak digunakan oleh pembalap-pembalap muda. Robert-lah yang pertama kali memperkenalkan gaya menikung ekstrim hingga lutut menyentuh trek. Roberts tercatat telah mengoleksi 3 titel juara dunia pada tahun 1978, 1979, dan 1980.

Kenny Roberts

 

   
Penulis: