Alarm Sepeda Motor: Fungsi, Cara Kerja, dan Harganya

 5607 views

Saat ini, kasus pencurian memang sedang marak terjadi di sekeliling kita. Hal ini tentunya membuat sebagian besar para pemilik was-was dan waspada dengan melakukan berbagai upaya preventif. Dan, salah satu upaya preventif untuk melindungi dari kemalingan adalah memasang alarm.

alarm sepeda – www.bukalapak.com

 

Alarm sendiri secara umum dapat didefinisikan sebagai bunyi peringatan atau pemberitahuan. Alarm memberikan tanda bahaya berupa sinyal, bunyi, ataupun cahaya (sinar). Pada sepeda motor, alarm ini merupakan perangkat tambahan untuk menghasilkan alert atau petunjuk, ketika sepeda motor dicuri atau dinyalakan oleh orang lain tanpa mematikan alarm tersebut sebelumnya.

utama alarm pada sepeda motor adalah mencegah terjadinya pencurian dengan memberikan kode. Alarm ini memiliki banyak bentuk, mulai remote, saklar tersembunyi, atau kombinasi kode. Jika sepeda motor dinyalakan tanpa mematikan remote atau saklar tersebut, biasanya sepeda motor akan memberikan kode berupa klakson berkali-kali dan yang berkedip-kedip. Tanda ini diharapkan dapat menarik orang untuk melihat sepeda motor yang bersangkutan dan menggagalkan pencurian.

Cara kerja alarm pada sepeda motor adalah dengan membaca arus yang mengalir melalui kabel starter atau pengapian. Caranya dengan menaruh sensor pada kabel tersebut, sehingga kabel diputus dan disambung lagi dengan sensor tersebut. Ketika alarm aktif dan ada arus melewati sensor, maka alarm akan bekerja dengan memberikan kode berupa klakson dan lampu menyala.

Meski alarm disarankan dipasang pada sepeda motor untuk mencegah pencurian, namun ada beberapa model sepeda motor yang tidak perlu ditambahi alarm. Sepeda motor yang telah dilengkapi pengamanan kunci bermagnet, misalnya. Motor ini tidak perlu ditambahi alarm karena pencuri tidak akan bisa membuka kunci (biasanya dengan kunci T) karena lubang kunci tertutup oleh pengaman tersebut.

Selain itu, sepeda motor dengan pembakaran injeksi juga disarankan tidak dipasangi alarm. Pasalnya, pemasangan alarm akan memotong kabel dan penambahan sehingga dapat memengaruhi performa. Seperti diketahui, sistem injeksi sangat teliti dalam membaca arus, ketahanan, dan voltase yang mengalir dalam sistem kelistrikan.

Namun, jika sepeda motor Anda masih keluaran lawas dan belum disertai pengaman kunci bermagnet serta masih dibekali sistem pengabut , ada baiknya Anda memasang alarm pada motor Anda. Alarm biasa dijual sebagai komponen after-market. Berikut alarm sepeda motor di pasaran saat ini.

/Model Alarm Motor Harga (Rp)
Alarm ALSENTO Sensor Sentuh 85.0000
Alarm SISPRO 110.000
Alarm X-CASE X-333 180.000
Alarm VINYX 280.000
Alarm Sidik Jari 295.000
Alarm SCARLET DL7101 325.500
   
Penulis: