Kolaborasi dengan Zongshen, Motor Scrambler Aprilia CR150 Mengaspal

 93 views

Sepeda-motor.info – Ketika wabah virus corona di China berangsur surut, banyak pabrikan yang merilis unit motor terbaru mereka. Selain yang meluncurkan CBF190X, perusahaan otomotif asal Italia, , juga melemparkan produk baru bernama CR150, sebuah klasik hasil kerja sama dengan perusahaan Zongshen.

Aprilia CR150 – www.pikiran-rakyat.com

Motor ini terbilang beda karena Aprilia sebelumnya lebih populer sebagai produsen motor bike bermesin besar. Layaknya scrambler klasik lainnya, kuda besi ini tampil elok. Tangki menekuk ala motor klasik Inggris, lengkap dengan balap dan emblem bertema lawas. Selanjutnya roda, tentu menggunakan semi pacul dan pelek jari-jari, memperkuat nuansa scrambler. Tak ketinggalan, aksesori semacam pelindung dek, spakbor mud guard, serta swing arm tebal pun dipasang.

Meski mengusung konsep scrambler, penampilan Aprilia CR150 tidak murni scrambler. Ini bisa dilihat dari sektor buritan yang dipahat layaknya café racer, berikut jok tunggal tipis serta stang dengan ukuran rendah. Dengan desain demikian, mungkin mustahil pengendara bisa duduk tegak, malah cenderung membungkuk. Pabrikan sepertinya menggabungkan dua elemen sekaligus, yakni macho dan sporty.

Untuk bagian kaki-kaki, Aprilia menyematkan suspensi upside down berdiameter besar untuk menopang peredaman di bagian depan. Sementara, di belakang, sudah menempel suspensi ganda di swing arm, lengkap dengan subtank yang memisahkan udara dan oli. Dengan komposisi tersebut, diharapkan pengendara bisa melaju dengan nyaman.

Beralih ke sektor jantung pacu, perusahaan sudah menanamkan injeksi silinder tunggal, DOHC, berkapasitas 149cc, yang dikatakan mampu menyemburkan tenaga maksimal 18,7 HP pada putaran 9.750 rpm dan meraih torsi puncak di angka 14 Nm pada putaran 7.500 rpm. Daya yang dihasilkan ini menyerupai Yamaha XSR155.

Di pasaran Negeri Tirai Bambu, Aprilia CR150 kabarnya ditawarkan dengan berkisar Rp42 jutaan. Sayangnya, masih belum jelas apakah sepeda motor ini akan dilemparkan juga ke pasaran Indonesia atau tidak. Namun, jika dirilis ke Tanah Air, tentu akan menambah persaingan sengit kuda besi scrambler yang saat ini memang semakin diminati.

   
Penulis: