Edisi Sangat Terbatas, Aprilia Luncurkan Tuono V4 X

Sepeda-.info – asal , , pada akhir pekan kemarin resmi meluncurkan Tuono V4 X. Ini adalah kuda besi telanjang atau naked bike dari varian RSV4 X yang sudah dirilis terlebih dahulu. Sama seperti saudaranya, kuda besi ini juga diproduksi secara terbatas dan ditujukan untuk penggunaan di sirkuit.

Aprilia Tuono V4 X – www.rideapart.com

Karena dihadirkan untuk memenuhi hasrat membalap, Tuno V4 X tentu saja memiliki dan eksterior yang lebih beringas dibandingkan Tuono V4 1100 Factory untuk kebutuhan jalan raya. ini sudah membawa sayap besar di bagian fairing depan, berbahan karbon, yang diadopsi dari balap Aprilia RS-GP yang digunakan Aleix Espargaro di ajang MotoGP.

Perusahaan menyebutkan bahwa tambahan sayap itu akan membuat sepeda motor menjadi lebih aerodinamis, serta dapat meningkatkan stabilitas motor pada kecepatan tinggi, pengereman, atau ketika biker membuka gas. Sementara itu, seluruh bodi, termasuk fairing semi telanjang, dibalut dengan material karbon sehingga relatif ringan. Meski demikian, kekuatannya diklaim lebih oke dibandingkan versi jalanan biasa.

Untuk melengkapi performa Tuono V4 X, asal Negeri Pizza juga menyematkan knalpot titanium dengan moncor berbahan carbon fiber buatan Akrapovic. Karena sepeda motor ini hanya ditujukan untuk penggunaan di arena balap, maka perusahaan juga memasangkan satu set velg berbahan magnesium produksi Marchesini, yang dibalut dengan ban slick.

Sementara, untuk sektor jantung pacu, Aprilia membekali Tuono V4 X dengan V4 berkapasitas 1.110cc, yang dikatakan dapat meletupkan tenaga maksimal 167,3 HP. Dengan kecepatan supernya tersebut, pabrikan menuturkan bahwa motor ini diciptakan untuk pengendara yang sangat dinamis. “Seperti Tuono original lainnya, V4 X yang baru ini juga secara langsung dapat seketika dikenali dengan lampu triplepada fairing atas, sebagaimana ciri khas dari sepeda motor ini,” tutur Aprilia dalam pernyataan resmi mereka.

Belum diketahui berapa banyak motor ini diproduksi. Namun, berdasarkan beberapa bocoran media online, Aprilia hanya merilis Tuono V4 X sebanyak 10 unit di seluruh dunia. Dijual untuk umum, mereka yang kesengsem dengan sepeda motor tersebut, harus cepat-cepat dan bersedia membayar harga sebesar 34.900 euro atau setara Rp603,9 jutaan.

Baca juga:   Fitur Anak Kunci Lebih Disukai, PT SIS Rilis Suzuki GSX-R150 Shuttered Key System
   
Penulis: