Aprilia RSV4, Superbike Premium dan Spesial

 779 views

merupakan salah satu merek asal Italia yang dikenal memiliki -produk sport bike yang ganas dan tangguh. Selain , Aprilia juga menjadi brand asal Negeri Pizza yang memiliki produk yang dikenal mewah dan premium. Dan, salah satu dari Aprilia yang paling diidam-idamkan oleh pencinta otomotif dunia adalah seri Aprilia RSV4, yang pertama kali diproduksi pada tahun 2008 lalu.

RSV4 sendiri adalah motor kasta tertinggi dan kebanggaan Aprilia di segmen motor supersport dunia. Kuda besi ini dengan ini dilengkapi sejumlah teknologi mutakhir dan canggih. Motor tersebut juga beberapa kali menyabet kemenangan di ajang World Superbike Championship. Di samping itu, pembalap legendaris Italia, Max Biaggi, juga pernah meraih 9 kali kemenangan di ajang World Superbike Racing ketika menunggangi RSV4.

Di , seri Aprilia RSV4 telah meluncur pada tahun 2015 lalu melalui PT Piaggio selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Ada dua varian RSV4 yang kala itu dibawa Aprilia ke Tanah Air, yaitu model RSV4 RR dan RSV4 RF, yang mengisi kelas 1.000cc. Berikut spesifikasi masing-masing varian RSV4 yang mengaspal di .

Aprilia RSV4 RR Race Pack

Motor ini memiliki desain yang gagah dengan balutan fairing yang menutupi dan kerangka sehingga tampak seperti motor di ajang sekelas MotoGP. Bodi motor yang besar menjadikan bobot RSV4 RR Race Pack menjadi cukup berat, yaitu mencapai 181 kg. Namun, bobot yang berat tersebut langsung tertutupi dengan desain tangki motor yang futuristik dengan lekukan-lekukan aerodinamis.

Di sektor jantung pacu, Aprilia RSV4 RR Race Pack menggendong mesin tipe 4-stroke, liquid-cooled, DOHC, V-4 cylinder 65 derajat, 4 valve per cylinder, berkapasitas 999,6cc. Dengan modal tersebut, motor ini mampu meletupkan tenaga maksimal 148 kW atau 201 HP pada putaran 13.000 rpm dan torsi puncak menembus angka 115 Nm pada putaran 10.500 rpm.

Saat ini, Aprilia menghadirkan model RSV4 RR Race Pack dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan abu-abu. Di pasar global, motor tersebut sekarang ditawarkan dengan mulai USD 16.499 atau sekitar Rp219 jutaan.

Aprilia RSV4 RR Race Pack – www.driven.co.nz

 

Aprilia RSV4 RF Superpole

Ketika pertama kali melihat motor ini, Anda dijamin langsung jatuh cinta. Pasalnya, RSV4 RF Superpole membawa desain yang sangat sporty, lengkap dengan tatapan bengis yang bisa terlihat dari desain headlamp. Motor ini dibekali dengan sejumlah fitur modern seperti ATC (Aprilia Traction Control), AWC (Aprilia Wheelie Control), ALC (Aprilia Launch Control), AQS (Aprilia Quick Shift), hingga sistem pengereman ABS (Anti-lock Brake System).

Di bagian jantung pacu, motor ini membawa mesin yang identik dengan model RS4 RR Race Pack, yaitu tipe 4-stroke, liquid-cooled, DOHC, V-4 cylinder 65 derajat, 4 valve per cylinder, berkapasitas 999,6cc. Dengan modal tersebut, Aprilia RSV4 RF Superpole mampu meletupkan tenaga maksimal 148 kW atau 201 HP pada putaran 13.000 rpm dan torsi puncak menembus angka 115 Nm pada putaran 10.500 rpm.

Aprilia RSV4 RF Superpole sendiri merupakan motor spesial karena hanya diproduksi 500 unit di seluruh dunia. Ketika diluncurkan ke Indonesia, motor dengan bobot mencapai 180 kg ini ditawarkan dengan harga mulai Rp719 jutaan (off the road).

Aprilia RSV4 RF Superpole – www.motorcycle-usa.com

 

   
Penulis: