Aprilia SR 150, Skuter Sporty Crossover Cuma Rp12 Jutaan

 345 views

Jika menyebut nama Aprilia, pasti yang langsung terbersit di pikiran adalah sebuah perusahaan yang kerap meluncurkan motor-motor sport mewah dan premium. Namun, tidak hanya sport bike saja yang dirilis pabrikan asal Italia tersebut, pada tahun 2016 lalu, Aprilia juga melemparkan matik, yaitu Aprilia SR 150. ini diluncurkan melalui Piaggio Group.

Aprilia SR 150 – overdrive.in

 

 

Skuter matik ini pertama kali diperkenalkan di ajang Delhi Auto Expo 2016, Februari lalu. Kehadiran Aprilia SR 150 tentu saja langsung membuat geger pasaran lokal India. Bahkan, pasar internasional pun segera mengarahkan muka ke negeri Sungai Gangga.

Skuter ini hadir dengan desain bergaya sporty crossover yang agresif. Hal tersebut tampak di setiap bodi yang dipoles dengan beragam perpaduan striping yang menarik. Aura motor khas Eropa terpancar jelas berkat desain dual headlamp di bagian depan yang terpasang dengan simetris, lekukan garis tegas yang tampak kaku di bagian samping dan dibentuk secara memanjang, dan juga sektor buritan yang meruncing.

Tak cuma berdesain sporty, Aprilia SR 150 juga mengusung panel indikator yang cukup informatif dengan desain yang menggoda. Terpasang pada dashboard handle bar dengan analog, panel ini memiliki tiga sektor yang bakal memberikan informasi akurat mengenai , odometer, fuel gauge, bahan bakar, data kecepatan, jarak tempuh, hingga sinyal lampu sein dan lampu jarak jauh.

Untuk bagian dimensinya, Aprilia SR 150 memiliki bentuk desain yang ramping, yang tidak jauh berbeda dibandingkan saudaranya, Aprilia SR Motorad 50. Hal yang perlu diketahui bahwa skutik terbaru besutan ini memiliki ketinggian jok 775 mm yang dinilai cukup sedang untuk postur tubuh orang Asia sehingga akan lebih mudah dikendarai atau dikendalikan ketika dalam keadaan berhenti di rambu-rambu lalu lintas.

Sementara, di sektor jantung pacu, skuter matik ini menggendong 4-stroke, silinder tunggal, 3 katup, berkapasitas 154,4cc, SOHC, air-cooled. Dengan modal tersebut, Aprilia SR 150 ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 11,4 HP pada putaran 7.000 rpm dan torsi puncak menembus 11,5 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Aprilia SR 150 sendiri sudah dilempar ke pasaran pada Agustus 2016 lalu dan ditawarkan dengan harga yang cukup murah, yaitu Rp12,8 jutaan. Sayangnya, untuk saat ini, skuter matik sporty tersebut hanya tersedia di pasar India dan belum meluncur ke Indonesia dalam waktu dekat. Berikut teknis Piaggio Aprilia SR 150.

Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, single cylinder, 3 katup, air-cooled
Kapasitas Silinder 154,4cc
Daya Maksimum 11,4 HP @ 7.000 rpm
Torsi Maksimum 11,5 Nm @ 5.500 rpm
Transmisi CVT
Kecepatan Maksimum 95 km per jam
Sistem Suplai Bahan Bakar Karburator
Berat Kosong 122 kg
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Hydraulic Double-Teleskopik
Suspensi Belakang Hydraulic Monoshock
Rem Depan Disc Twin-Piston Caliper
Rem Belakang Drum
Ban Depan 120/70-14 Tubeless
Ban Belakang 120/70-14 Tubeless
Harga 65.000 rupe (Rp12,8 jutaan)
   
Penulis: