Bajaj segera Luncurkan Sepeda Motor Roda 4 di Indonesia, Seperti apa Bentuknya?

 2366 views

Sepeda-.info – Suksesor roda 4 , Qute FY17, dikabarkan segera hadir di . Meski dapat memuat 4 orang, memiliki 4 roda, setir bundar, dan segala hal layaknya , Qute FY17 bukanlah . Melainkan sepeda motor roda empat atau Quadricycle.

bajaj – www.ibtimes.co.in

 

Mengandalkan 216 cc DTS-I yang diadopsi dari sepeda motor Bajaj, Qute FY17 mampu melaju dengan maksimal 70 km/jam. Bobotnya juga tergolong ringan, hanya sekitar 450 kilogram, lebih ringan dari city car terkecil di , Tata Nano.

Qute FY17 sebenarnya telah diperkenalkan oleh Bajaj Auto India sejak 4 tahun silam. Sayangnya, motor beroda empat ini dilarang untuk beroperasi di India karena dianggap membahayakan. Alhasil, Bajaj kini hanya menjual Qute FY17 untuk ekspor.  

Sebagaimana dilansir laman Rushlane (12/4), Bajaj Qute membidik Turki, Rusia, Peru, dan Indonesia sebagai tujuan ekspornya. Motor Quadricycle ini ditargetkan terjual 10.000 unit dalam setahun.

Menguji sisi keamanannya, New Car Assassment Program cabang Eropa (Euro NCAP) di Brussels, Belgia melakukan rangkaian tes uji tabrak untuk mobil pada Qute FY17. Hasilnya memang tak memuaskan, Qute FY17 hanya memiliki tingkat perlindungan penumpang dewasa (adult occupant) sebesar 28% ketika terjadi tabrakan frontal dengan kecepatan 60 km/jam.

”Struktur Bajaj Qute sangat tidak stabil, terjadi perubahan bentuk yang signifikan di banyak bagian setelah terjadi tabrakan. Tidak adanya airbag semakin menambah risiko kematian sopir dan penumpang baris depan,” rilis laman EuroNCAP.

Meski begitu, Bajaj Auto mengklaim bahwa Qute tetap lebih aman ketimbang sepeda motor. Selain itu, Qute memberikan kenyamanan lebih untuk penumpang karena tak perlu takut kepanasan atau diguyur hujan.

   
Penulis: