Baut Swingarm Kendur, BMW Motorrad Recall Motor R nineT

New York – Beberapa waktu lalu pabrikan ternama asal Jerman, Motorrad telah melakukan recall untuk beberapa seperti R1200GS dan R1200GS Adventure, C650GT dan C Evolution, serta R1200RT-P. Kini giliran R nineT model 2014-2017 yang terpaksa harus direcall karena adanya masalah pada baut swingarm.

BMW R nine T – www.drive.com.au

Disebutkan bahwa baut yang ada di bagian pivot swingarm tak dapat mengunci secara sempurna dan berpotensi untuk terlepas sendiri saat sedang dikendarai oleh konsumen. Permasalahan tersebut terjadi karena adanya kesalahan dari pemasok, di mana satu atau beberapa baut yang menghubungkan pin pivot sisi kanan ke frame bisa lepas sendiri dan berbahaya untuk pengendara karena berpotensi menimbulkan kecelakaan.

“Masalah tersebut akibat kesalahan proses perakitan oleh Walter Automobiltechnik, dimana proses pemotongan chamfer pada frame tidak sesuai dengan . Akibatnya, baut tidak menjepit dengan benar, meski torsinya sesuai,” demikian bunyi pernyataan resmi BMW Motorrad seperti dilansir Naik .

Kasus permasalahan pin pivot swingarm pertama kali dilaporkan pada April 2016 lalu di Turki. Sejak ada laporan tersebut, pihak BMW Motorrad pun melakukan pemantauan lapangan. Sejak Mei hingga November 2016 setidaknya terdapat 3 keluhan lain untuk permasalahan pin pivot yang longgar. Kemudian BMW kembali mendapat 2 keluhan lagi dari bulan April-Juni 2017, salah satunya ditengarai karena kehilangan kendali dengan roda kendur.

Berdasarkan analisis gambar teknik, spesifikasi, dan gambar CAD memperlihatkan bahwa pin pivot kemungkinan tak dipasang secara benar karena terdapat talang yang tak sesuai dengan spesifikasi. Oleh sebab itu, pihak BMW Motorrad akan memberitahukan informasi penting ini pada pemilik BMW R nineT dan memanggil kembali sejumlah 3.368 unit motor yang diduga mengalami permasalahan tersebut.

Dealer-dealer resmi BMW akan membersihkan dan memasang kembali baut pin pivot. Pihak Diler juga akan memberikan baut ke spesifikasi yang sesuai dan menerapkan perekat pengunci pada baut. Seluruh perbaikan tersebut tak akan dikenai biaya, alias gratis. Proses recall BMW R nineT diperkirakan berlangsung mulai 9 Oktober 2017 mendatang.

   
Penulis: