Begini Cara Modifikasi Motor Honda GL Max

 33692 views

GL Max merupakan touring yang pertama kali dirilis pada medio 1980-an. Motor produksi ini menggendong 4-stroke, OHC, berpendingin udara, berkapasitas 124,1cc dan mampu menyemburkan tenaga 9,7 HP pada putaran 7.500 rpm serta torsi puncak 8,8 Nm pada putaran 7.500 rpm.

honda gl max – motortuo.blogspot.com

 

Di era 19900-an hingga awal 2000-an, GL Max (baik Platina, Black Engine, maupun Neo Tech) bersama GL Pro merupakan motor kekar yang sangat populer di Indonesia. Pasalnya, motor ini selain awet, juga dikenal memiliki mesin yang bandel serta tergolong irit bahan bakar.

Kepopuleran Honda GL Max hingga saat ini terus terjaga. Bedanya, pada akhir-akhir ini, motor dengan rangka tipe diamond steel tersebut diburu untuk kemudian dimodifikasi, baik performa mesin maupun bodi.

Salah satu model modifikasi GL Max yang jadi tren di Indonesia adalah model retro klasik. Modifikasi ini tetap mempertahankan bodi cover asli, namun diubah dengan tampilan yang merata mulai tangki bahan bakar hingga jok belakang, serta penambahan lampu pesek dan roda ring berdiameter 17 inci. Untuk menghasilkan model ini, rangka belakang motor GL Max harus ditekuk ke bawah sekitar 2-3 cm. Untuk proses ini, bisa menggunakan jasa bengkel yang biasa menangani press rangka.

Selain menekuk rangka belakang, plat posisi baut bodi cover aki juga perlu ditekuk atau disesuaikan agar rata dengan bodi belakang. Selain itu, tangki depan diganjal agar posisinya tidak terlalu mendongak. Sementara di finishing, dipasang jok tebal dan rata.

Selain model retro klasik, GL Max juga mungkin dimodifikasi menjadi motor mengingat motor ini punya mesin yang handal. Caranya, ganti rangka GL Max dengan kepunyaan Yamaha YZ Special Engine. Sementara, suspensi swing arm bisa menggunakan kepunyaan Honda Tiger yang sudah dimodifikasi menjadi monoshock. Untuk shock depan, bisa menggunakan model upside down variasi.

Di samping sisi tampilan, Anda juga bisa memodifikasi mesin GL Max agar lebih bertenaga. Gunakan mesin milik Honda Tiger dengan melakukan penambahan kruk as dan cylinder block yang bisa diperoleh di bengkel-bengkel dengan harga bervariasi.

   
Penulis: