Bekerjasama dengan ITS, Motor Listik Lokal Bakal Diproduksi

 3082 views

SURABAYA – Walau awalnya terkenal dengan produk mobilnya, PT Garansindo Inter Global kini melebarkan sayap untuk memproduksi sepeda listrik. Proyek ini dimulai dengan Zero Motorcyle, lalu dilanjutkan Italjet dan satu lagi paling baru Peugeot Scooter.

Garansindo memulai langkah bisnisnya dengan jalan menjalin kerjasama dengan Surabaya dalam menciptakan dan mewujudkan misi memproduksi listrik Nasional yang dikembangkan oleh pemuda Indonesia sendiri.Muhammad Al Abdullah CEO Garansindo Group dan Prof. Ir. Joni Hermana M.Sc.Es, Ph.D. Rektor ITS Surabaya, telah menandatangani moU dalam rangka pengembangan kendaraan bermotor listrik di Indonesia.

Kerja sama antara Garansindo dengan ITS sifatnya multi year, dan diharapkan dapat berkontribusi di bidang engineering. Baik itu engineering untuk sepeda , desain untuk maupun sistem kontrolnya. Ini semua bertujuan untuk pengembangan bagi kendaraan di Indonesia.

Rektor ITS Surabaya Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.Es, Ph.D. mengungkapkan, “ITS memiliki kompetensi tim riset di bidang kendaraan listrik, yang terbukti mampu memproduksi motor listrik, listrik, bis listrik, sistem kontrol kendaraan, sistem kontrol motor listrik dan juga sistem display dan monitoring untuk kendaraan.”

Jika kerjasama ini berhasil maka akan mengharumkan nama ITS dan juga Garansindo. Maka diperlukan konsentrasi yang tinggi serta fokus juga usaha yang sungguh-sungguh dari kedua pihak agar kerjasama ini nantinya berhasil dan dapat menginspirasi Industri-industri lain untuk mau bekerjasama dengan institusi riset dan pendidikan di Indonesia.

   
Penulis: