Berapa Biaya Ganti Setang Seher yang Rusak?

 26316 views

Meski sekarang sudah banyak beredar mobil murah ramah lingkungan (LCGC), namun masyarakat masih mengidolakan sepeda sebagai moda sehari-hari. Pasalnya, dengan dimensi yang lebih ramping dibandingkan mobil, menjadi kendaraan bermotor yang praktis dibawa ke mana saja, termasuk melewati gang-gang sempit. Selain itu, sepeda motor juga relatif lebih terjangkau dibandingkan mobil, dan memiliki banyak , mulai sport bike, motor bebek, hingga skuter otomatis.

Stang Seher – www.tokopedia.com

Namun, layaknya kendaraan bermotor lainnya, sepeda motor juga tidak lepas dari berbagai permasalahan. Masalah pada sepeda motor kerap muncul jika kendaraan yang bersangkutan jarang diservis secara rutin. Selain itu, masalah pada sepeda motor juga bisa disebabkan kecelakaan yang parah, pemakaian yang cenderung kasar, hingga faktor usia sepeda motor.

Salah satu masalah yang kerap dialami para pemilik sepeda motor adalah rusaknya setang seher. Setang seher atau kruk as ini merupakan yang berfungsi sebagai tempat dudukan piston dan karenanya sangat vital dalam sebuah sepeda motor. Setang seher adalah yang meneruskan tenaga gerak dari piston ke poros engkol, atau sebaliknya, ketika sepeda motor dinyalakan.

Piston menerima ledakan dari pembakaran dan mendorong setang seher untuk memutar poros engkol. Ketika sepeda motor dinyalakan, poros engkol menggerakkan setang seher agar piston bisa naik dan turun. Konstruksi setang seher ini harus kuat karena menerima tekanan yang besar, baik dari piston maupun dari poros engkol.

Nah, untuk mengetahui apakah setang seher sepeda motor Anda mengalami kerusakan atau tidak, dapat dilakukan dengan tiga cara simpel berikut.

  • Cara pertama adalah dengan mencoba menghidupkan mesin sepeda motor, kemudian memosisikan gas dalam keadaan langsam. Jika mesin motor mengeluarkan suara atau bunyi yang aneh atau asing dari bagian mesin tengah, itu menandakan bahwa komponen tersebut sudah mengalami aus atau sudah rusak.
  • Jika cara pertama kurang meyakinkan, Anda bisa menggunakan cara kedua, yaitu dengan membuka kepala silinder beserta silinder dan piston. Kemudian, pegang setang seher, lalu pukul-pukul setang seher tersebut dengan menggunakan tangan kosong. Jika setang seher mengeluarkan bunyi atau suara asing, maka komponen tersebut sudah aus atau rusak.
  • Sementara, cara ketiga adalah dengan membuka kepala silinder bersama silinder dan piston, lalu goyang-goyang komponen tersebut secara perlahan. Jika mengeluarkan suara atau kocak, berarti setang seher Anda telah aus atau rusak sehingga harus segera diganti dengan yang baru jika tidak ingin memengaruhi komponen sepeda motor yang lain.

Lalu, berapa yang dibutuhkan untuk mengganti setang seher yang telah rusak atau aus? mengganti setang seher sendiri tergantung dari produk atau setang seher yang bersangkutan. Jika produk NPP, ditawarkan dengan harga sekitar Rp80 ribuan, sedangkan produk Indoparts dijual Rp90 ribuan, dan produk orisinal dari AHM untuk motor dipasarkan Rp145 ribuan hingga Rp200 ribuan, dengan ongkos penggantian sekitar Rp25 ribuan. Yang perlu diingat, Anda tetap harus waspada dan disarankan membawa produk asli sebagai contoh ketika membeli setang seher yang baru.

   
Penulis: