Berapa Biaya Modifikasi Yamaha Jupiter MX?

 17886 views

Jupiter MX merupakan motor bebek underbone yang diluncurkan di sektor kelas 4-tak manual. Motor dengan mesin 135cc tersebut awalnya mengusung sistem transmisi 4 percepatan, lalu direvisi menjadi 5 percepatan pada tahun 2014 silam.

yamaha jupiter mx – www.semisena.com

 

Untuk mesin, Jupiter MX menggendong mesin berkapasitas 134,44cc, 4 Valve, SOHC, liquid-cooled. Dengan bekal tersebut, motor ini diklaim mampu menyemburkan daya hingga 9,21 kW pada putaran mesin 8.500 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 12,14 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara, kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 4 liter.

Dengan tenaga tersebut, akselerasi motor ini memang tergolong mantap. Untuk gear 1, bisa mencapai 40 km/jam. Sementara gear 2, menempuh 60 km/jam, gear 3 menempuh 80 km/jam, dan gear 4 mencapai 100 km/jam. Adapun gear 5, bisa menyentuh hingga 120 km/jam.

Selain itu, Jupiter MX juga tergolong motor yang irit bahan bakar. 1 liter bahan bakar pertamax bisa menempuh jarak 47,7 km. Padahal, motor ini belum menerapkan injeksi Yamaha.

Di samping performa yang optimal, tampilan Jupiter MX juga tergolong ciamik dengan bodi yang melekuk untuk aerodinamis, serta corak stripping yang menegaskan tampilan motor. Sementara, bodi belakang berbentuk meruncing yang dibarengi tempat lampu utama dan dua lampu sein.

Layaknya motor bebek underbone yang lain, meski telah memiliki desain apik dan performa yang tergolong mumpuni, namun Jupiter MX ternyata juga tak luput dari “tangan-tangan jahil” para . Modifikasi motor ini umumnya bertujuan untuk memuaskan selera konsumen selain menghasilkan motor yang lebih nyentrik serta lebih gahar.

Salah satu modifikasi Jupiter MX yang cukup banyak dilakukan adalah membuat motor ini menjadi motor trail. Meski basis Jupiter MX tak terlalu mendukung untuk jenis motor trail, namun dengan rangka baru dan tambahan desain bagian lain, seperti tampilan deltabox serta penambahan suspensi model upside down, maka motor Jupiter MX trail pun bisa terwujud.

Selain itu, konsep modifikasi lain yang cocok untuk Jupiter MX adalah sport bike street fighter. Untuk menghasilkan bentuk ini, bagian frame harus dipotong, mengecilkan ukuran tangki bahan bakar, dan penambahan rangka sebagai pegangan cover body custom pada bagian tengah yang menjuntai ke bawah hingga air scoop.

Lalu, berapa yang dibutuhkan untuk melakukan modifikasi pada Jupiter MX? modifikasi untuk Jupiter MX sangat tergantung dari model yang ingin dihasilkan serta bahan-bahan yang perlu ditambahkan atau diperbarui. Namun secara umum, modifikasi Jupiter MX berkisar di bawah Rp5 jutaan.

   
Penulis: