Berapa Biaya Untuk Ganti Oli Sepeda Motor?

 25522 views

Oli merupakan kebutuhan pokok pada sebuah . Selain berguna untuk memperlancar kinerja , tentunya juga memiliki manfaat untuk memperpanjang umur mesin. Selain itu, cairan pelumas ini juga sangat dibutuhkan untuk menunjang lainnya dalam motor.

ganti oli sepeda motor – news.federaloil.co.id

 

Di samping itu, oli motor juga memiliki beberapa fungsi lain pada motor, yaitu:

  • Mengurangi gesekan antara komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, dan menghasilkan kotoran dan panas. Agar gesekan dapat dikurangi, maka bagian yang saling bergesekan dilapisi oli pelumas.
  • Sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar-komponen.
  • Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder.
  • Sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston, dan poros engkol. Pelumas berguna untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.
  • Sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar-komponen mesin. Pelumas membantu membawa kotoran tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih.
  • Sebagai anti-karat. Pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air.

Memang, semakin bagus kualitas oli, maka semakin bagus pula performa mesin yang dihasilkan motor. Namun yang perlu diingat, Anda tidak dapat menggunakan sembarang oli pada motor Anda. Sebaiknya, sesuaikan atau konsultasikan dulu dengan beberapa ahli teknisi mengenai penggunaan oli yang cocok dengan tipe motor Anda.

Selain itu, sangat dianjurkan untuk tidak berganti-ganti merek dan oli. Pasalnya, berganti-ganti merek dan oli bisa merusak mesin motor Anda. Karena itu, pastikan Anda mengganti oli motor dengan merek yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan.

Umumnya, proses penggantian oli pada motor berkisar pada jarak per 3.000 km hingga 4.000 km. Namun untuk motor baru, pergantian oli jangka waktunya lebih cepat. Dan untuk menjaga performa mesin motor agar tetap stabil, sebaiknya pemilik motor mengganti oli secara rutin setiap dua bulan sekali atau setiap 2.000 km.

Lalu, berapa yang dibutuhkan untuk mengganti oli motor? Jika Anda bisa mengganti oli sendiri dan memiliki peralatan untuk melakukannya, Anda cukup membeli oli yang sesuai dengan motor Anda. Saat ini, sudah banyak merek oli motor yang beredar di pasaran dengan kisaran Rp23.000 hingga Rp150.000.

Namun, jika Anda tidak bisa atau tidak berani mengganti oli motor secara mandiri, Anda bisa menggunakan jasa bengkel, resmi atau tidak. Biaya mengganti oli motor saat ini berkisar Rp30.000 hingga Rp50.000, sudah termasuk jasa dan harga oli.

   
Penulis: