Berapa Biaya Untuk Modifikasi Honda C70?

 40879 views

Bagi pencinta motor , nama C70 pasti sangat familiar di telinga. C70 atau C70 Passport merupakan salah satu motor Cub yang masuk pasar Tanah Air di tahun 1980. Bersama C50 dan C90, Honda C70 merupakan embrio bagi berkembangnya motor bebek produksi Honda di kemudian harinya, serta menjadi penggempur motor 2-tak yang sedang berjaya di era itu.

honda c70 modifikasi – cepi-wungkul.blogspot.com

 

Dibanding C50 dan C90, Honda C70 memang lebih populer di kalangan pencinta otomotif Tanah Air. Bahkan, motor yang diproduksi pertama kali pada tahun 1969 ini punya julukan sendiri yaitu “pitung puluh”, yang berasal dari bahasa Jawa, yang berarti tujuh puluh.

Honda C70 mengusung berkapasitas 70cc (tepatnya 71,8cc), SOHC, 4-stroke, 1 silinder 2 katup, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 4,5 kW pada putaran 9.000 rpm. Sementara, torsi maksimal yang bisa dicapai menyentuh 5,2 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Sebagai salah satu motor antik, Honda C70 memang banyak diburu. Selain sebagai koleksi, motor ini juga diburu untuk kemudian dimodifikasi. Pencinta motor klasik ini membuat kuda besinya menjadi lebih keren, seperti menjadikannya tetap original total, retro klasik, full airbrush, hingga meningkatkan performa mesin.

Namun pada umumnya, para pencinta Honda C70 memodifikasi pada sektor mesin terlebih dahulu. Pasalnya, layaknya motor keluaran lama, Honda C70 juga memiliki kelemahan pada sektor mesin jika dibandingkan dengan motor bebek yang dirilis belakangan. Setelah modifikasi mesin, para akan mengurus bagian tampilan dengan konsep yang beragam.

Biasanya, para modifikator memberi sentuhan warna senada cenderung gelap untuk Honda C70 agar mengesankan tampilan tua. Kemudian, lampu sein dipasang dengan aslinya, lengkap dengan pemanis spion bulat retro. Selain itu, knalpot masih mengusung asli namun dipermanis dengan lapisan krom. Sementara untuk sektor mesin, karburator menggunakan milik motor sport lawas, seperti RX King, guna asupan lebih deras dan akselerasi maksimal.

Namun, restorasi sepeda motor bukan hobi yang murah, apalagi untuk model motor lawas seperti Honda C70. Biaya untuk modifikasi Honda C70 bisa mencapai jutaan hingga belasan juta rupiah. Bahkan, ada beberapa pencinta Honda C70 yang menghabiskan dana sekitar Rp12 jutaan untuk memodifikasi motornya.

   
Penulis: