Berapa Harga Holder GPS untuk Motor Saat Ini?

Jika Anda mengetahui rute kemana arah yang akan dituju, tentu perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor tak jadi masalah. Namun sebaliknya, ketika Anda merasa asing saat melewati daerah tertentu, Anda tentu membutuhkan bantuan penunjuk arah atau GPS.

holder gps – www.tokopedia.com

 

GPS atau Global Positioning System adalah navigasi berbasis satelit yang terdiri dari 24 jaringan satelit yang ditempatkan di orbit. Awalnya, GPS ditujukan untuk aplikasi militer, namun pada tahun 1980-an, alat ini juga tersedia untuk penggunaan sipil.

Khusus untuk kendaraan bermotor, dikenal adanya GPS Tracker. Ini merupakan AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna melacak posisi kendaraan atau armada dalam keadaan real time. GPS Tracker ini memanfaatkan kombinasi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah objek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.

Saat ini, piranti GPS Tracker memang lebih jamak dipasang pada mobil. Namun, bukan berarti komponen ini tidak bisa digunakan pada . Fungsi paling dasar adalah untuk memantau posisi kendaraan secara real time. Tidak ada pengaruh soal jarak antara motor yang bersangkutan dengan pemilik. Bahkan saat motor dicuri, lokasinya tetap bisa dipantau.

tersebut bisa dipantau lewat beberapa media, seperti SMS yang menunjukkan koordinat kendaraan atau lewat aplikasi Android dan software yang bisa diinstal di PC atau laptop. Rekam jejak motor selama 90 hari ke belakang juga bisa diketahui.

Untuk memasang GPS pada sepeda motor, dibutuhkan alat yang bernama holder GPS atau pegangan GPS. Selain untuk GPS, alat yang memiliki batang yang lentur dan di ujungnya terdapat semacam penahan ini juga bisa digunakan untuk menyimpan handphone.

Holder GPS ini bisa dijepit ke bagian stang motor sehingga tidak akan jatuh saat motor melaju. Cara memasangkan perangkat ini ke stang sepeda motor, baik motor bebek maupun motor , juga cukup mudah, yaitu:

  • Pasang terlebih dulu kepala holder pada pangkon holder. Rata-rata, holder stang memiliki pemasangan yang hampir sama antara satu merek dengan merek lainnya.
  • Lalu, setelah terpasang, jangan lupa mengunci kepala holder tersebut agar aksesoris yang bersangkutan tidak terjatuh. Caranya, geser pangkon holder ke arah lubang kecil pengunci hingga mengeluarkan bunyi yang mengindikasikan kepala holder sudah terkunci.
  • Kemudian, putar dan lepas pengunci pangkon stang.
  • Usahakan posisi pengunci pangkon stang menghadap ke depan untuk memudahkan pemasangan holder.
  • Untuk menyetel rotasi kepala holder, putar ke atas untuk melonggarkan, atau putar ke bawah untuk mengencangkan. Jadi, kepala holder ini bisa dipasang model vertikal atau horizontal, disesuaikan dengan posisi riding masing-masing pengendara.
  • Untuk memasangkan GPS atau HP ke kepala holder, cukup tekan knop di bagian kanan bawah secara perlahan dan penjepit otomatis akan melebar. Sebaliknya, untuk merapatkan, bisa langsung dipadatkan dengan jari tangan dan disesuaikan dengan ukuran GPS atau HP.

Lalu, berapa yang dibanderol untuk holder GPS ini? holder GPS bervariasi, tergantung merek dan model holder. Rata-rata, holder GPS ini berkisar Rp17 ribuan hingga Rp165 ribuan per buah.

   
Penulis: