Berbahan Bakar Etanol, TVS Apache RTR 200 FI E100 Resmi Meluncur

 54 views

Sepeda-.info – Akhir pekan kemarin, pabrikan otomotif asal India, TVS, meluncurkan mereka yang menggunakan etanol. Bernama TVS Apache RTR 200 FI E100, kuda besi yang sebelumnya sempat nongol dalam gelaran Auto Expo 2018 dalam bentuk konsep tersebut, ditawarkan dengan INR 120.000 atau setara Rp24,5 jutaan.

TVS Apache RTR 200 FI E100 – auto.ndtv.com

Dilansir dari Indianautosblog.com, para insinyur TVS telah memprogram ulang injeksi bahan bakar untuk memungkinkan lebih banyak etanol memasuki ruang pembakaran. Ini harus dilakukan karena efisiensi termal etanol lebih rendah daripada bensin. Lalu, pertanyaan terbesar yang muncul di adalah mengapa harus etanol?

Menteri Transportasi India, Nitin Gadkari, memang telah mendorong perusahaan otomotif untuk menggunakan etanol sebagai bahan bakar alternatif pengganti bensin. Bahkan, beberapa waktu lalu, pada konferensi pers di Maharashtra, dia telah meminta pemilik pabrik gula untuk beralih ke produksi etanol guna mengalahkan penurunan laba karena surplus produksi gula.

Kendaraan yang digerakkan etanol diklaim dapat mengurangi konsumsi minyak di India dan dengan demikian menyebabkan berkurangnya defisit fiskal. Bahan bakar yang relatif lebih bersih ini juga dapat ditanam dari tanaman komersial lain seperti jagung dan gandum. Selain itu, mesin bertenaga etanol akan menghasilkan jumlah polutan yang lebih sedikit seperti nitrogen oksida, karbon monoksida, dan sulfur dioksida. 

“Saat ini, industri kendaraan roda dua sedang mencari solusi mobilitas masa depan yang hijau dan berkelanjutan yang mencakup bahan bakar listrik, hibrida, dan alternatif,” papar Chairman TVS Motor Company, Venu Srinivasan. “Perusahaan percaya bahwa berbasis etanol adalah pilihan penting bagi pelanggan kami. Hal ini disebabkan kompatibilitas yang mudah dalam transisi ke etanol dan dampak positif berkelanjutan pada lingkungan tanpa mengurangi kinerja dan total biaya kepemilikan.”

Secara tampilan, TVS Apache RTR 200 FI E100 mengusung desain layaknya bike kebanyakan yang membawa bahan bakar bensin. Motor ini dibekali dengan lampu-lampu bohlam, jok split-seat, dan instrumen panel , under-cowl, serta shroud tangki yang gagah. Sementara, mesinnya membawa silinder tunggal berkapasitas 197cc, dengan power puncak 21 PS.

   
Penulis: