Bikin Keder Yamaha R1, BMW S1000RR Edisi 2019 Segera Meluncur

 364 views

Sepeda-.info – Pabrikan otomotif asal Jerman, Motorrad, dikabarkan akan segera meluncurkan S100RR terbaru. Kemungkinan diluncurkan setidaknya dalam ajang World Superbike 2019 mendatang, ini diyakini bakal membuat para pesaing seperti Yamaha R1, CBR Fireblade, Kawasaki ZX-10, Aprilia RSV, dan Suzuki Gixxer kelimpungan.

BMW S1000RR – youtube.com

Dilansir dari Tempo, motor ini sempat tertangkap kamera sedang melakukan uji coba pada awal tahun, meski hingga saat ini belum diproduksi. Menurut bos Althea BMW Racing Team yang menggunakan motor BMW, Genesio Bevilacqua, distribusi BMW S1000RR kemungkinan baru akan dilakukan dalam ajang World Superbike 2019, yang rencananya digelar bulan Februari tahun depan.

Meski sepeda motor masih tertutup rapat, namun menurut laporan yang diturunkan Zigwheels.com, motor beringas ini akan hadir dengan sejumlah penyempurnaan di bagian eksterior dan , termasuk knalpot yang lebih besar daripada generasi sebelumnya. Penyempurnaan dapat dilihat pada lampu asimetris yang direposisi dan dibenahi. Sementara, ventilasi dan fairing dikerjakan ulang, mengikuti lekuk sektor buritan.

Di samping itu, menurut beberapa sumber, BMW S1000RR 2019 akan menggunakan crankshaft counter-rotating, yang menjadikannya salah satu dari beberapa bike produksi massal untuk memiliki konfigurasi mesin yang terinspirasi balap. Desain crankshaft counter-rotating bakal membuat BMW S1000RR lebih gesit terutama saat menikung, karena menetralkan beberapa inersia saat perputaran roda, rantai, dan bagian lainnya.

Sementara, untuk bagian jantung pacu, pabrikan masih mengandalkan jeroan lama, yaitu power-plant berkapasitas 998cc, empat silinder segaris. Meski demikian, BMW mengklaim bahwa teranyar ini memiliki daya yang lebih besar dari sebelumnya, yaitu naik 6 HP menjadi 200 HP. Kemungkinan, motor ini akan dipamerkan dalam ajang INTERMOT yang berlangsung Oktober 2018 atau EICMA pada November 2018.

   
Penulis: