Reborn, Bimota TESI H2 Hadir dengan Specs Mirip Ninja H2

Sepeda-motor.info – Setelah sempat diumumkan pailit pada tahun 2017, perusahaan asal Italia, Bimota, mencoba bangkit kembali pada tahun 2019. Dalam gelaran EICMA 2019, brand ini meluncurkan Bimota TESI H2, yang merupakan hasil kolaborasi mereka dengan pabrik asal Jepang, Kawasaki.

Bimota TESI H2 – bmspeed7.com

Ketika dipamerkan, Bimota TESI H2 langsung menjadi pembicaraan hangat publik karena mengusung desain yang tidak lazim, bahkan cenderung radikal. Perusahaan membekali sepeda motor ini dengan sistem kemudi yang memakai hub-center steering, tidak seperti motor kebanyakan yang memakai fork untuk menghubungkan kemudi dan roda.

Sebenarnya, desain ini bukan hal yang baru bagi Bimota, mengingat sistem suspensi tersebut sudah mereka usung sejak 1990-an. Sasis TESI H2 akan tersambung dengan dua swing arm sekaligus, bagian depan dan belakang. Meski terlihat padat, konfigurasi sasis dan kaki-kaki ini diklaim Bimota punya keuntungan saat terjadi pengereman keras. Dari belakang, swing arm-nya menggunakan double suspensi sub-tank garapan Ohlins yang membuatnya menjadi semakin sporty.

Sementara, untuk desain bodi, kuda besi ini membawa tampilan yang berbasis dari Ninja H2 kepunyaan Kawasaki. Area jok menggunakan single seater, plus knalpot besar di bagian bawah. Bodi pun hadir dengan garis-garis tajam khas Kawasaki Ninja H2, yang menegaskan aura sporty dan tegas sepeda motor tersebut.

Untuk urusan jantung pacu, Bimota TESI H2 juga dibekali yang serupa kepunyaan Ninja H2. menyematkan mesin berkapasitas 998cc, supercharger. Meskipun pihak perusahaan belum memberikan informasi spesifikasi yang dibawa, sepertinya motor ini bakal menjadi penantang serius untuk varian Ninja H2.

Menurut rencana, setelah gelaran EICMA 2019, sepeda motor Bimota TESI H2 baru akan dipasarkan secara global pada Juni 2020 mendatang. Motor ini akan dilepas dengan 5.000 euro atau sekitar Rp775 jutaan, lebih mahal Rp109 jutaan jika dibandingkan Ninja H2 versi standar. Menurut kabar, untuk tahapan awal, motor ini hanya akan diproduksi sebanyak 200 unit.

   
Penulis: