BMW Bakal Bikin Motor Murah Bernuansa Balap G 310 RR?

Jakarta – Walaupun dikenal sebagai salah satu brand mahal asal Jerman, nyatanya Motorrad tidak melulu fokus memproduksi -motor premium saja. Dengan menggandeng pabrikan asal India, TVS, BMW Motorrad pun membuat sebuah sepeda yang harganya relatif lebih miring dari unit-unit yang sudah ada, yaitu BMW G 310. Hingga kini sudah ada 2 yang dirilis, yaitu G 310 R dan G 310 GS.

BMW G 310 R – www.autoretina.com

Seri G 310 dengan akhiran R menandakan jika motor itu mengusung desain naked tanpa fairing, sedangkan seri GS adalah versi adventure-nya. BMW dan TVS rupanya belum puas sampai di situ. Kabarnya BMW juga akan merilis model baru dari seri G310. “BMW Motorrad memamerkan model dengan akhiran RR. Dari kode yang digunakan, dipastikan bahwa motor baru tersebut dirancang untuk trek aspal mulus,” demikian seperti dilansir Motoroids.

Versi konsep dari motor G 310 RR telah dipamerkan dalam ajang BMW Motorrad Days di Jepang belum lama ini. Dari segi tampilannya begitu kental dengan nuansa balap seperti yang diusung oleh BMW S1000RR yang mempunyai headlight asimetris, sementara itu bagian cover body G310RR terbuat dari bahan karbon. Ada pula air-intake di antara dua lampu utama yang membuat motor itu terlihat makin .

Yang lebih menarik lagi, motor BMW G310RR Concept menggunakan knalpot yang letaknya ada di bawah jok atau under-seat. Hal itu pula yang sekaligus membedakannya dari BMW G 310 R dan TVS Apache RR310. Lalu untuk stang menggunakan model jepit dengan footstep, suspensi, dan rem yang sama seperti tipe G 310 R.

Apabila memang masuk proses produksi massal, BMW Motorrad kemungkinan akan menghilangkan bahan karbon fiber tersebut dan mengatur agar posisi duduknya lebih nyaman. Sementara itu, dari sektor dapur pacu masih menggunakan mesin yang sama seperti G 310 R, yakni mesin berkapasitas 313 cc satu silinder yang diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 34 tk dengan torsi 28 Nm.

Nantinya BMW G310RR Final Concept diprediksi dipamerkan dalam ajang Intermot 2018 di Cologne, Jerman, pada bulan Oktober mendatang atau EICMA 2018 di Milan, Italia, awal November depan. Jika BMW G310R dan G310GS meluncur di Indonesia, tak menutup kemungkinan jika G310RR kelak juga akan menyusul jejak kakak-kakaknya menyapa para di Tanah Air.

   
Penulis: