Bulan Depan Piaggio Siap Produksi Skuter Listrik Canggih Vespa Elettrica

Roma – Tren sepeda bertenaga kini mulai berkembang. Tak ingin ketinggalan, pabrikan ternama asal Italia, pun menyatakan untuk siap terjun ke listrik. Belum lama ini Piaggio mengumumkan akan memulai skuter elektrik jagoan mereka, Vespa Elettrica pada bulan September 2018 mendatang.

Skuter Listrik – news.okezone.com

“Vespa Elettrica rencananya akan dibuat di pabrik Pontedera, lokasi yang sama dengan produksi skuter pertamanya pada 1946,” demikian seperti dilansir Digital Trend. Dengan dimulainya proses produksi Vespa Elettrica sekaligus membuka pemesanan unit motor ini mulai Oktober 2018 untuk pasar Amerika dan Eropa. Sementara itu, pemesanan untuk wilayah Asia baru dibuka pada awal tahun 2019 mendatang. Sayangnya masih belum ada informasi detail terkait waktu pengiriman dan banderol Vespa Elettrica.

Meski demikian, pihak Piaggio telah memberi sedikit bocoran bahwa harga jual Vespa Elettrica cenderung tinggi alias high-bracket. produksi pertama dari Vespa Elettrica kelak akan memulai debutnya di ajang bergengsi EICMA 2018 di Milan, Italia, pada November depan.

Vespa Elettrica disebut-sebut akan mengusung motor 4,2 kWh Li-ion yang diklaim dapat mencapai torsi puncak 200 Nm. Skuter matic tersebut dibekali 2 mode berkendara, yakni Eco dan Power. Pada mode Eco, kecepatan maksimum yang dapat ditempuh terbatas pada 30 km per jam saja. Selain itu, Vespa Elettrica juga didukung instrumen panel layar TFT 4,3 inci full color yang bisa terhubung dengan smartphone. Komponen tersebut bisa dioperasikan menggunakan joystick di bagian handlebar kanan atau lewat voice command pengendara.

Sayangnya, para penggemar Vespa di Indonesia tampaknya masih harus bersabar. Pasalnya, walaupun Vespa Elettrica nantinya akan dikenalkan di sejumlah negara, masih belum ada tanda-tanda kemunculannya di Indonesia. Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega mengungkapkan jika pihaknya masih ingin meninjau kesiapan sistem Piaggio di Tanah Air, mulai dari layanan servis sampai urusan regulasi kendaraan listrik.

   
Penulis: