Cara Modifikasi Motor Supra X 125 Jadi Lebih Tangguh Dan Keren

 47830 views

X 125 merupakan salah satu produk motor bebek terlaris dari . Meskipun motor ini lebih identik digunakan oleh bapak-bapak, namun banyak juga kaula muda yang menggunakan supra x 125 yang dimodifikasi sehingga tampak lebih keren dan performa lebih tangguh.

motor supra x 125 ada berbagai cara yang bisa Anda pilih, seperti ringan seperti penampilannya saja, atau berat hingga mengotak-atik dan mengganti mesinnya dengan spek yang lebih tinggi.

Kali ini kita akan membahas cara modifikasi motor supra x 125 untuk meningkatkan performa . Caranya yaitu dengan mengubah beberapa komponen motor, untuk meningkatkan performa motor. Simak pembahasannya berikut ini:

  • Karburator

Usahakan untuk tidak mengeluarkan biaya banyak untuk komponen ini. Ganti spuyer pada karburator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya.

  • Pengapian

Di dalam motor ,pengapian sudah di tentukan atau sudah di batasi dari atau sering kita sebut pengapian limiter. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti CDI dengan CDI racing, atau bisa disiasati dengan menggeser pengapian.

  • Camsaft atau Noken as

Camsaft atau noken as memiliki peran penting dalam mesin berbasis 4 TAK. Modifikasi pada komponen ini cukup rumit sehingga perlu perhatian khusus. Sebaikan konsultasiakn lebih lanjut pada ahlinya untuk komponen ini.

  • Bore up mesin

Untuk mendapatkan performa motor dengan maximal, banyak teknik atau cara yang bisa digunakan. Salah satu solusinya dengan cara Bore Up, yaitu pembesaran diameter piston yang melewati ukuran yg telah ditentukan oleh pabrikan.  Over size terdiri dari 0,25 ; 0,50 ; 0,75 ; 1.00. limit yang paling tipis adalah 2 mm.

  • Mengganti per kopling

Per kopling standar Honda Supra X 125 yang terlalu lembut perlu diganti dengan per kopling yang lebih keras yaitu per kopling balap/racing. Beberapa merk yang dapt dipilih antara lain TDR, HRP, BRT, Daytona, Kitaco dll.

  • Mengganti kampas kopling

Mengganti kampas kopling Honda Supra X 125 membuat daya cengkram menjadi lebih agresif, sehingga tidak selip saat motor berjalan. Kampas kopling bisa diganti dengan kampas kopling balap/racing dengan merek yang telah disebut di atas.

  • Mengganti CDI

Cdi juga biasanya menggunakan limiter (pembatas RPM tertentu) agar motor tidak terlalu tinggi rpmnya. And bisa menggantinya dengan Cdi racing tanpa limiter. Selain bisa menambah kecepatan maksimal, cdi racing juga bisa untuk menaikkan pengapian.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara modifikasi motor supra x 125 jadi lebih tangguh dan keren, yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin memodifikasi motor Honda Supra X 125 Anda. Semoga bermanfaat.

   
Penulis: