Daftar Merk Sepeda Motor China Di Indonesia

 44477 views

Cina alias mocin mulai menyerbu pasar pada tahun 2000-an. Motor-motor hasil produksi pabrik industri rumahan Cina kebanyakan menggunakan platform mesin C100. Sedangkan body motor mayoritas mengacu kepada produsen lain yang sudah terkenal seperti Yamaha atau Honda. Sepeda motor cina biasanya dipilih masyarakat karena haganya yang lebih terjangkau.

Hingga kini, sudah ada puluhan merk Cina yang masuk di jalanan Indonesia, meskipun tingkat persaingan dengan produsen motor lain yang berasal dari Jepang seperti Honda, Yamaha atau masih tertinggal jauh. Diantaranya yang banyak ditemukan yaitu sepeda motor merk Jialing, Dayang, Viar, Sanex dan lain-lain.

Berikut adalah daftar beberapa merk sepeda motor Cina yang telah mengaspal di jalanan Indonesia:

Jialing

Salah satu produsen sepeda motor asal Cina yang masih eksis di Indonesia saat ini yaitu Jialing. PT. Buana Jialing Makmur Sakti Motor berdiri tahun 2001 dengan visi Membangun Industri Sepeda Motor Di Indonesia dengan harga terjangkau, kualitas serta layanan purna jual terbaik dengan tujuan menjadi market leader di kelas motor cina.

-produk yang diproduksi Jialing terdiri dari sepeda motor Mopped, Matic hingga tiga roda. Produk Jialing untuk jenis mopped antara lain Target RV, Target Z, Target XS dan Target R. Untuk jenis matic yaitu Evomatic dan Li On. Sedangkan untuk jenis motor yaitu Target RN dan MX.

Viva motor

Vivamas Qingqi Motor didirikan pada tanggal 20 Januari 2000, dan merupakan perusahaan Joint Venture antara PT. Vivamas Tatanusa dengan salah satu perusahaan terbesar di China Yaitu China Qingqi Group Co, dan yang telah mendapat ISO 9001-9004 Internasional.

Fokus produksi sepeda motor Viva yaitu jenis bebek, ayago, matic dan sport serta motor niaga (3 roda). Produk-produk dari Viva Motor antara lain yaitu New Nexus, Rama, Comet (bebek), Viva Matic, Winner dan Dragon (sport) serta Samson (3 roda).

Kaisar motor

PT Kaisar Motorindo Industri berdiri pada awal tahun 2003. Fokus motor yang diproduksi yaitu motor niaga dan motor gede semacam harley dengan merk Ruby.

APP-

APP KTM adalah produsen sepeda motor asal China yang diproduksi oleh PT. Asean Motor International atau dulu bernama PT. Varia Mobilindo dengan merk dagang APP KTM. Asia Putra Perkasa sendiri adalah sebuah nama PT yang katanya memproduksi APP KTM ini, kemudian PT Asean Motor International sebagai main diler nasional merek APP KTM. Fokus motor yang diproduksi yaitu motor niaga dan bentuk motor lain sperti bebek dan matic sebagaimana motor China yang lain.

Kymco / Benson

Kymco merupakan pabrikan motor asal Taiwan yang berdiri tahun 1963. Merk ini masuk ke indonesia tahun 2000an dengan fokus produksi motor yang terkenal jenis skuter. Namun merek Kymco menutup pabriknya di Cikarang yang memiliki kapasitas produksi 50.000 /tahun karena tidak mampu bersaing dengan produsen lain.

   
Penulis: