Diklaim Motor Masa Depan, Skuter Listrik Kymco iOnex Unjuk Diri

 605 views

Sepeda-.info – Tidak cuma pabrikan tuan rumah yang unjuk gigi dalam gelaran Tokyo Motorcycle Show 2018. asal Taiwan, , tidak mau ketinggalan meramaikan event bergengsi tersebut dengan memajang iOnex, sebuah matik bertenaga listrik yang tidak hanya dapat diisi daya di rumah, melainkan juga di stasiun pengisian khusus.

Kymco iOnex – warungasep.net

Seperti dikutip dari Otosia, pabrikan tersebut mengatakan bahwa Kymco iOnex merupakan kendaraan masa depan sebenarnya. Membawa desain retro yang manis, skuter ini telah dibekali dengan headlamp berbentuk bulat yang didukung dengan lampu DRL sehingga menimbulkan kesan futuristik. Selain itu, yang ditampilkan bodi pun terbilang eye catching, yaitu kombinasi putih dan biru.

Di balik jok, terdapat helm open face yang bisa masuk ke dalam bagasi skuter. Diameter kedua roda 12 inci dengan ban berukuran 90/90-12. Sayangnya, skuter ini masih menggunakan kunci konvensional. Sebuah hal yang sedikit ironis karena beberapa pabrikan sudah menerapkan keyless. Tetapi, pabrikan telah menyematkan USB charger port di sebelah rumah kunci.

Sementara, untuk sektor jantung pacu, Kymco iOnex terdiri dari dua baterai dengan sistem plug and play. Keuntungannya, jika satu dipakai, maka baterai lainnya dapat dilepas dan diisi di dalam rumah. Kymco pun berencana membuat stasiun pengisian baterai di toko, jalan, atau tempat ramai yang kabarnya bakal tersebar di 20 negara maju di dunia.

motor listriknya sendiri menggunakan Permanent-Magnet Synchronous Motor yang memiliki daya 3,0 kW. Baterai berjenis teknologi Lithium-ion battery 58 Volt 20 Ah, dengan durasi charging hanya sekitar 2,5 jam. Dalam kondisi baterai penuh, skuter matik ini diklaim menempuh jarak 200 km dengan kecepatan maksimal hingga 60 km per jam.

Konsep Kymco iOnex ini sebenarnya bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya, Honda pun sempat memperkenalkan konsep serupa, yaitu Honda PCX Electric. Skuter pabrikan berlogo sayap mengepak pun menerapkan baterai yang bisa dilepas dan diisi ulang di sebuah khusus bernama Honda Mobile Power Pack Exchange Concept.

   
Penulis: