Ducati 2WV, Monster Ganas Berkapasitas 3.000cc

 5731 views

Ajang balap memang membuat para penggila takjub. Bahkan, tak sedikit yang memimpikan untuk bisa mengendarai kuda besi berkapasitas 1.000cc yang ditunggangi Valentino Rossi, Marc Marquez, atau Andrea Dovizioso.

Namun sebenarnya, masih ada motor dengan kapasitas melebihi tunggangan para rider MotoGP. Sebut saja Thunderbird Strom keluaran Triumph yang berkapasitas 1.699cc. Kemudian, ada Intruder M1800R produksi Suzuki dengan kapasitas hingga 1.783cc. Masih kurang? Ada Honda VTX1800 bermesin 1.800cc, Harley Davidson CVO 1.802cc, VN2000 dengan 2.053cc, hingga Triumph Rocket III berkapasitas 2.294cc yang dirilis tahun 2010 silam.

Tetapi ternyata, ada satu motor lagi yang memiliki kapasitas mesin berukuran lebih besar, hingga 3.000c. Motor yang digadang-gadang bakal bernama Ducati 2WV tersebut saat ini sedang dikembangkan oleh perusahaan asal Jerman, Volkswagen.

Motor ini dinamakan Ducati 2WV yang merupakan kepanjangan dari 2 Wheeled Veyron. Untuk mengembangkan motor ini, Ducati akan bekerja sama dengan teknisi dan insinyur dari Volkswagen, Audi, Bugatti, dan Lamborghini yang merupakan satu grup besar dengan VW. Nama Veyron sendiri diambil dari Bugatti Veyron yang menjadi mobil tercepat di dunia saat ini.

Motor ini akan mengusung mesin berkapasitas 3.000cc yang telah dilengkapi dengan KERS. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga hingga 501 BHP serta torsi maksimal menyentuh 750 Nm, dengan sistem transmisi otomatis 10 percepatan. Untuk membendung tenaga yang luar biasa tersebut, motor ini akan berpenggerak dua roda, dengan pembagian roda belakang 65 persen (digerakkan secara konvensional), sedangkan roda depan 35 persen (digerakkan motor listrik).

Untuk meningkatkan stabilitas, Ducati 2WV akan mengaplikasikan wheelbase yang lebih panjang dengan mengembangkan sasis monokok milik Audi. Sementara untuk melindungi pengendara dari suara bising dan angin yang kencang, Ducati juga sudah mengembangkan helm berbahan titanium yang dapat mereduksi masalah tersebut hingga 30 persen.

Untuk sektor ban, Ducati menggandeng produsen ban asal , Pirelli. Ban produksi Pirelli diklaim sanggup digunakan hingga 600 km/jam. Sementara untuk memperlambat putaran roda saat pengereman, Ducati WV membenamkan beberapa teknologi pengereman dan pengendalian yang biasa digunakan pada mobil, seperti BS, EBD, Intelligent Emergency Braking, Cornering Brake Control, dan Panic Braking Control.

Ducati 2WV diklaim mampu menempuh kecepatan 400 km/jam dalam waktu 7,26 detik. Sementara, kecepatan maksimal yang bisa ditempuh adalah 450 km/jam. Bandingkan dengan kecepatan motor tercepat di dunia saat ini, Suzuki Hayabusa, yang “hanya” 392 km/jam. Dan untuk menjaga kualitas serta eksklusifitasnya, motor dengan bobot 281 kg tersebut rencananya hanya akan diproduksi 36 unit.

   
Penulis: