Ducati Adopsi Mesin V4 MotoGP Untuk Motor Komersial?

 888 views

Sepeda-.info – Kabar gembira bagi mereka yang menggemari motor-motor buatan Ducati. Pasalnya, pabrikan asal tersebut dikabarkan tengah serius untuk mengadopsi mesin dengan konfigurasi V4 yang digunakan di motor balap untuk produk komersial mereka.

Diberitakan oleh Visordown, salah satu kandidat motor yang bakal menggunakan mesin V4 ini adalah pengganti Panigale yang telah memasuki usia 6 tahun. Meski demikian, disinggung mengenai hal ini, CEO Ducati, Claudio Domenicali, hanya memberikan respons yang memancing rasa penasaran. “Lebih, lebih, lebih dekat,” ujar Domenicali.

“Pengembangan mesin kami telah menunjukkan performa yang luar biasa di ajang MotoGP. Kami memiliki mesin V4 yang sangat andal, ringan, kompak, dan punya banyak menarik,” sambung Domenicali. “Maka dari itu, kami serius berpikir untuk memperkenalkan mesin ini kepada umum.”

Dalam presentasi Tim MotoGP Ducati 2017, Dominecali juga menegaskan jika pengembangan superbike baru ini semakin mendekati kenyataan. “Motor ini akan kami posisikan sebagai high-end , bukan motor seperti Desmosedici, dan dijual dalam harga reasonable meski memiliki kelas premium. Kami memang belum bisa berkata banyak kapan motor ini mulai diproduksi, tetapi hal itu semakin dekat,” sambungnya.

Meski demikian, Sporting Director Ducati Corse, Paulo Ciabatti, memberikan bocoran jika motor tersebut bakal dilemparkan sekitar tahun 2019 mendatang. “Tim Ducati World Superbike akan terus berpacu dengan Panigale pada tahun 2017 dan 2018,” kata Ciabatti.

Salah satu kelebihan mesin V4 adalah memiliki yang berlipat, serta mudah mencapai top end dan torsi maksimal. Untuk model Ducati Desmosedici GP, mesin ini memiliki 1.000c, liquid-cooled, V4, 4-stroke, DOHC, 4 katup per silinder, dan mampu meletupkan tenaga lebih dari 245 tenaga kuda serta menembus kecepatan maksimal 340 km per jam.

   
Penulis: