Ducati Bikin Motor Scrambler Cafe Racer, Tampilan Klasik Berpadu Teknologi Modern

 156 views

Bologna – Pabrikan asal Italia, rupanya bukan hanya tertarik memproduksi sepeda bergaya full fairing saja. Terbukti, beberapa waktu lalu Ducati meluncurkan bergaya terbaru versi 2019 sejak Oktober 2018. Ducati Scrambler ini diperkenalkan dalam ajang Intermot beberapa waktu lalu.

Ducati Scrambler Cafe Racer – medcom.id

Motor Cafe Racer yang diperkenalkan oleh Ducati adalah Scrambler yang dirancang dengan nuansa klasik. Ada 4 klasik dari Scrambler yang semuanya dipamerkan oleh Ducati dalam Intermot tahun lalu. “Keempat tersebut memiliki tampilan yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kebutuhan pengendaranya. Di antaranya Ikon Scrambler, Scrambler Café Racer, Scrambler Desert Sled dan Scrambler Full Throttle,” demikian seperti dilansir Motosaigon melalui Okezone.

Dari segi desain, motor Scrambler tersebut memang kental dengan nuansa cafe racer, mulai dari penyematan bundar, pelek jari-jari, single seater, dan bagian buritan yang dirancang meruncing seperti lebah. Walaupun gayanya retro alias bertampang ‘jadul’, motor ini tetap saja kental dengan sentuhan modern. Misalnya saja pemakaian utama berteknologi LED yang dilengkapi DRL, sein dengan LED, hingga clustermeter LED yang menunjukkan gear dan indikator bensin. Tak ketinggalan, ada pula pengereman ABS.

Yang menjadikan motor ini juga kental dengan nuansa modern adalah penggunaan Desmodromiv, blok L-Twin dengan 803 cc yang diklaim dapat menghasilkan tenaga 75 daya kuda pada putaran 8.250 rpm, sedangkan torsinya mencapai 67 Nm pada 5.750 rpm. Ducati Scrambler 2019 memperbaiki sistem kopling agar dapat membantu kinerja lebih lancar dan mencapai akurasi tinggi. Di saat yang bersamaan, Scrambler Ducati ini juga membantu konsumsi bahan bakar agar lebih hemat.

Pada tampilan luarnya, Ducati mengedepankan silver yang dikombinasikan dengan biru seperti grafis 125 GP Desmo. Kemudian di bagian samping ada penyematan nomor start 54, gaya khas motor cafe racer yang biasa dipakai di ajang balap.

   
Penulis: