Duel Motor Cebol Kawasaki KSR vs Honda Grom (MSX125), Siapa Unggul?

 1671 views

Kawasaki melalui PT Kawasaki Motor Indonesia (PT KMI) seringkali menjadi pelopor hadirnya produk-produk motor berkualitas di Tanah Air. Dan, salah satu motor keluaran pabrikan yang tergolong baru untuk pasar Indonesia adalah model KSR 110.

Kawasaki KSR – planetminis.com

KSR 110 merupakan motor mini alias cebol. Di Indonesia, motor ini memang masih dipandang di sebelah mata. Namun, di beberapa negara, tren ini ternyata sedang booming di kalangan biker muda. Di misalnya, motor mini ramai digunakan untuk fashion bahkan freestyle. Bahkan, di Negeri Gajah Putih tersebut, ada balapan untuk kelas motor mini ini.

Kembali lagi ke model KSR 110, motor ini mengusung model layaknya motor dual sport atau supermoto, mirip Kawasaki KLX atau D-Tracker. Meski begitu, KSR 110 diklaim andal menjajal segala jenis medan serta mampu berfungsi ganda sebagai alat transportasi yang ringan dan lincah untuk menerobos kemacetan lalu lintas.

Grom – www.cycletrader.com

 

Di bagian jantung pacu, Kawasaki membekali KSR 110 dengan berkapasitas 111cc, 4-stroke, single cylinder, SOHC, 2 katup, pendingin udara. Dengan bekal tersebut, motor ini mampu menyemburkan daya hingga 8,6 PS pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak 8,6 Nm pada putaran 6.000 rpm. Semua tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual empat percepatan.

Namun, eksistensi KSR 110 di Tanah Air belakangan terganggu dengan kedatangan Honda MSX125 atau biasa disebut Honda Grom. Berbeda dengan KSR 110, Honda Grom didatangkan ke Tanah Air dari Thailand lewat importir umum (IU) Pro Bike yang terletak di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Honda Grom memang membawa karakter yang sangat mirip dengan KSR 110 kepunyaan Kawasaki, terutama dari desainnya yang mini. Namun, Honda Grom hadir dengan tampilan yang lebih stylish dan agresif berkat lekukan tegas di sekujur bodi yang mengarah ke street fighter. Di samping itu, pabrikan berlogo sayap mengepak juga membekali mesin berkapasitas lebih besar dibandingkan pesaingnya.

Honda Grom menggendong mesin tipe 4-stroke, SOHC, single cylinder, 2 katup, pendingin udara, berkapasitas 124,9cc. Dengan mesin yang lebih besar, motor ini juga mampu meletupkan tenaga lebih maksimal, yaitu 7,2 kW pada putaran 7.000 rpm dan torsi 10,9 Nm pada putaran 5.500 rpm melalui transmisi manual 4 percepatan.

Di samping itu, Honda Grom juga telah disokong sistem bahan bakar fuel injection yang tentunya lebih advance dibandingkan model KSR 110 yang masih menerapkan sistem . Perbedaan lainnya, Honda Grom menggunakan sistem starter elektrik, sedangkan KSR 110 menerapkan kick starter. Honda Grom juga telah disokong dengan kopling manual.

Di Indonesia, KSR 110 saat ini ditawarkan dengan mulai Rp23.900.000 untuk wilayah Jadetabekser. Sementara, karena didatangkan melalui jalur importir umum, yang dipatok untuk model Honda MSX125 menjadi lebih mahal, yaitu di kisaran Rp45 jutaan. Untuk pasar global, Honda MSX125 dijual mulai 2.969 euro.

   
Penulis: