Dunia Otomotif Sudah Maju, Kawasaki Justru Bakal Bikin Motor dengan Karburator & Kick Starter

 32 views

Tokyo – Seperti yang diketahui, kini dalam dunia sudah sedemikian maju. Bahkan hampir semua teranyar sudah tak lagi menggunakan karburator dan engkol alias kick starter. Akan tetapi, pabrikan asal Jepang, justru berencana untuk memproduksi berteknologi ‘jadul’ yang mengusung DNA Z1 dan Z2.

Kawasaki Z1 – www.hagerty.com

“Kawasaki akan kembali meluncurkan sepeda motor legendarisnya Z1 dan Z2. Keduanya merupakan sepeda motor klasik yang sangat populer, dan hampir setengah abad sejak diluncurkan, mereka masih populer. Dan apa yang ada di Z1-Z2 akan ditawarkan ke pengendara di seluruh dunia, dengan asli yang ada di Z1-Z2,” demikian seperti dilansir Morebike melalui Okezone.

Oleh sebab itu Kawasaki pun memutuskan untuk mereproduksi kepala silinder untuk kedua sepeda. “Artinya Kawasaki akan tetap menyematkan teknologi motor jadul seperti kick starter (engkol) dan Karburator, butuh menggunakan valve dan noken as besar yang membutuhkan dorongan awal besar dan ruang hisap besar,” sambungnya.

Untuk mewujudkan motor klasik tersebut, Kawasaki akan memproduksi sekitar 1.000. Langkah ini dilakukan guna mengetes minat pasar, meskipun pihak Kawasaki sendiri sebenarnya memiliki kemampuan untuk meningkatkan kapasitas produksi mereka. Di unit W175 misalnya, walaupun masih memakai teknologi Karburator, ternyata Kawasaki tidak menyematkan starter engkol meski motor keren ini mengusung tampilan yang sangat retro.

Sebagai informasi, motor Kawasaki Z1 sendiri memiliki kapasitas mencapai 900 cc, sementara itu seri Kawasaki Z2 memiliki kubikasi 750 cc. Kawasaki Z2 atau yang juga memiliki nama lain Kawasaki Z750RS dulunya sempat menjadi motor retro yang begitu diminati lantaran popularitas manga dan anime Great Teacher Onizuka. Ketika diluncurkan pertama kali tahun 1973 silam, Kawasaki Z2 termasuk dalam deretan motor terlaris yang angka penjualannya melampaui para kompetitor di kelas motor yang sama.

   
Penulis: