Foto Spyshot Beredar, Inikah Penampakan Motor Yamaha Byson FI Terbaru?

Jakarta – Para penggemar kembali dibuat penasaran dengan beredarnya foto spyshot dari sebuah yang masih dirahasiakan. Penampakan spyshot tersebut diunggah melalui akun Instagram @agoez_bandz. Bahkan kabarnya itu disebut-sebut sebagai calon generasi motor Byson di Indonesia. Benarkah?

Yamaha Byson FI – .metrotvnews.com

Yamaha Byson pertama kali meluncur di Indonesia pada tahun 2010 lalu. Ketika awal diluncurkan, kehadiran Byson memang sempat begitu populer. Tetapi ketika Yamaha mulai merilis New Vixion Lightning, sosok Byson atau yang kerap dijuluki dengan sebutan ‘kebon’ tersebut pamornya rupanya mulai meredup.

Awalnya Yamaha Byson menggunakan berkapasitas 153 cc 2 klep dengan pendingin udara. Lantaran performa-nya dianggap kurang begitu prima oleh sebagian besar penggemar, motor itu kemudian memperoleh sejumlah ubahan alias facelift.

Byson generasi kedua mendapat berbagai perubahan, mulai dari , pengabutan yang sudah berteknologi injeksi. Lalu Byson FI juga mengalami penyusutan kapasitas mesin jadi 149,3 cc, sehingga mengakibatkan tenaganya juga turun dari 13,6 dk menjadi 12,9 dk, demikian pula dengan torsi yang turun dari 13,6 Nm menjadi 12,98 Nm. Tetapi rangka motor Byson FI diklaim lebih ringan 3 kg dari sebelumnya, yakni hanya 133 kg.

Meski demikian, kabarnya tarikan dari Yamaha Byson FI justru lebih responsif dibandingkan yang karburator. Sayangnya popularitas motor ini sudah terlanjur menurun. Hal itu terlihat dari semakin jarangnya pengguna Byson yang lalu-lalang di jalanan dibandingkan sebelumnya. Oleh sebab itu, bukan hal yang aneh bila Yamaha berencana untuk memperbarui motor tersebut.

Dari foto spyshot yang beredar, ada beberapa perubahan pada Byson FI. “Desain knalpot masih berkarakter midship, tapi dengan detail cover yang beda. Ubahan yang cukup besar ada di area jok yang kali ini menerapkan tandem seat alias menyambung antara jok depan dan belakang,” demikian seperti dilansir Gridoto.

Kemudian bentuk behel juga tampak menyambung, tak terpisah menjadi bagian kiri dan kanan seperti Byson FI yang beredar di pasaran saat ini. Sementara itu, untuk urusan mesin diduga Byson FI terbaru masih akan tetap mengusung mesin SOHC 149 cc dengan tenaga yang diklaim mencapai 12,88 dk dan torsi 12,8 Nm.

   
Penulis: