Galeri Inspiratif Yamaha R15 Modifikasi

R15 adalah salah satu primadona di sport di Indonesia. sport keluaran pabrikan ini memiliki yang tinggi, performa yang optimal, dan tampilan yang keren, sesuai dengan selera riders hari ini.

Dari segi mesin, Yamaha R15 telah dibekali dengan mesin berkapasitas 150cc yang cukup tangguh untuk diajak melesat dengan tenaga maksimal 16.83 dk/8.500 rpm dan torsi puncak 15 Nm/7.500 rpm.

Secara tampilan, Yamaha R15 hadir dengan gaya motor sport full fairing dengan yang sangat macho dan . Yamaha R15 memiliki kemiripan dengan saudara pendahulunya yang berasal dari pabrikan yang sama yakni Yamaha New Vixion, namun dengan sentuhan futuristik yang lebih kental dan gaya yang lebih agresif.

Bentuk fairing dari Yamaha R15 ini sangat sporty dengan unsur motor sport modern yang kental. Bentuk body dan ukuran dari Yamaha R15 ini sangat gagah. Bodinya sendiri memiliki dimensi 1.955 X 660 X 1.070 (P x L x T/mm) dan jarak terendah dengan tanah adalah 160 mm.

Meski demikian, beberapa riders utamanya yang memiliki hobi mengutak atik motor masih saja ingin memodifikasi Yamaha R15 sesuai dengan modifikasi motor sport yang diinginkan. Ini bukan karena bodi original Yamaha R15 kurang memuaskan, melainkan persoalan selera dan totalitas dalam hobi motor sport bagi sebagian riders.

Yang menjadi tantangan dalam memodifikasi Yamaha R15 adalah menghindari bentuk yang terlalu menukik alias menungging, meskipun ada sebagian riders yang menyukai gaya semacam itu. Agar tidak terlalu nungging, modifikasi conrod Yamaha R15 sebelumnya harus dikerjakan oleh tukang bubut. Solusi lain yaitu dengan mengganti conrod ori dengan conrod aftermarket yang lebih pendek ( conrod ceper ) dan harus memakai bahan dari besi yang bagus kualitasnya.

by Muchamad Zhacky – RDC (Rider Depok Ceria)

Tetapi kini Yamaha memberikan satu lagi kabar baik untuk para penghobi modif motor yang ingin memodifikasi Yamaha R15 miliknya. Kini telah hadir part accessories original dari Yamaha yang disebut ‘lowering kit R15’. Lowering kit R15 ini memiliki kekuatan dan kualitas yang sama dengan conrod ori Yamaha R15.

art by Gokulakrishnan. G

Dengan hadirnya lowering kit Yamaha R15 ini, para riders yang ingin memodifikasi motor Yamaha R15-nya bisa melakukan modif secara mandiri sehingga efisiensi waktu dan biaya semakin meningkat. Dengan memasang lowering kit dari Yamaha ini, tentunya juga akan lebih aman sebab lowering kit ini telah didesain sedemikian rupa oleh Yamaha.

Selain lowering kit, Yamaha juga menyediakan berbagai macam aksesoris lainnya untuk Yamaha R15, seperti tankpad, step cover tandem, seat cowl, racing stand, knalpot hitman muffler titanium, fuel cap cover dan lain sebagainya.

   
Penulis: