Gambar Desain GSX-R300 Bocor di Dunia Maya, Mungkinkah Suzuki Bakal Boyong ke Indonesia?

 360 views

Jakarta – Kabar mengenai kemungkinan Suzuki akan menghadirkan GSX-R250 ke Indonesia belakangan ini kembali menyeruak usai beredarnya bocoran sport tersebut di dunia maya. Sebenarnya gambar yang beredar adalah desain Suzuki GSX-R300. Akan tetapi banyak orang yang menduga bahwa itu juga bakal dipasarkan di Indonesia dengan kapasitas lebih kecil, yakni 250 cc.

Suzuki GSX – talesmodif.blogspot.co.id

Bahkan kabarnya motor tersebut direncanakan jadi pesaing Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250RR. Berdasarkan bocoran gambar yang beredar di internet, mesin dari GSX-R300 menggunakan konfigurasi 2 silinder generasi terbaru, DOHC, dan berpendingin cairan. “Kemungkinan mesinnya berbagi dimensi internal GSX-R150. Dengan menggandakannya jadi dua silinder, Suzuki mendapatkan motor berperforma kompetitif,” demikian seperti dilansir Bennetts.co.uk.

Mesin yang diusung oleh GSX-R300 tersebut disebut-sebut mampu menghasilkan tenaga hingga 40 hp. Yang lebih menarik lagi, Suzuki GSX-R300 menggunakan rangka tubular seperti motor . Kemudian di bagian suspensi depan GSX-R300 tak lagi memakai teleskopik, namun upside-down yang diklaim lebih stabil dalam bermanuver dengan kecepatan tinggi. Sementara itu di bagian belakang masih menggunakan shock breaker mono-shock yang dipadukan dengan swing-arm aluminium.

Kemudian Suzuki juga menyematkan ubahan pada sisi box filter motor GSX-R300. Perubahan tersebut dilakukan demi memperlancar pencampuran udara dan bahan bakar di ruang pembakaran. Dengan demikian, Suzuki GSX-R300 disebut-sebut bakal lebih responsif dan menawarkan akselerasi yang lebih prima.

Dari segi desain, wujud dari motor GSX-R300 sebenarnya tak jauh berbeda dari Suzuki GSX-R150. GSX-R300 menggunakan stang jepit, jok terpisah antara pengendara dan yang dibonceng, pelek 10 palang khas motor sport besutan Suzuki, serta lampu depan tunggal. Kabarnya motor Suzuki GSX-R300 bakal diluncurkan ke pasaran sekitar akhir tahun 2018 ini. “Suzuki bisa jadi memperkenalkannya di EICMA tahun ini dan mulai dipasarkan pada tahun depan,” demikian seperti dilansir Autondtv.

Lantas apakah GSX-R300 bakal diproduksi di Indonesia? Masih belum ada kepastian terkait hal ini. Jika memang benar masuk Indonesia, maka kemungkinan kubikasi mesinnya akan diperkecil jadi 250 cc supaya tidak terkena pajak yang mahal dan harganya pun bisa bersaing dengan para kompetitor. Tak hanya motor sport full , Suzuki pun dikabarkan tengah mempersiapkan naked dari GSX-300 yang bakal berhadapan dengan MT25 dan Kawasaki Z250 di Indonesia.

   
Penulis: