Gandeng IPB, Viar Kembangkan Motor Roda Tiga Bertenaga Listrik

 1178 views

Sepeda-.info – Setelah sebelumnya meluncurkan pertamanya yang bertajuk Q1, perusahaan dalam negeri, , dikabarkan sedang mengembangkan sepeda motor roda tiga yang juga mengusung tenaga . Untuk mencapai tujuan tersebut, PT Triangle Motorindo selaku produsen telah menjalin kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor.

Viar Kembangkan Motor Roda Tiga Bertenaga Listrik – www.mobil123.com

Kendaraan listrik roda tiga ini menurut rencana akan menggunakan sumber daya motor listrik Viar yang dikembangkan oleh IPB sehingga memiliki daya tampung hingga empat orang. Secara basic , pabrikan akan mengambil dari Viar Karya, sebuah motor roda tiga mereka sebelumnya yang menggunakan bahan bakar bensin dan banyak dipakai untuk keperluan niaga.

Untuk proyek uji coba, perusahaan yang berbasis di Semarang tersebut telah menyerahkan lima unit motor listrik roda tiga kepada pihak IPB guna digunakan di lingkungan kampus. Target awal, Viar akan menyerahkan 30 unit motor roda tiga bertenaga listrik kepada kampus, sebelum nantinya akan diproduksi secara massal dan digunakan secara komersial.

“Kami sangat terbuka dengan kerja sama dalam bidang riset dan pengembangan bersama dengan berbagai institusi pendidikan dan yang lainnya,” ujar Presiden Direktur PT Triangle Motorindo, Ignatius Kariman. “Kami berharap kerja sama ini dapat membangkitkan semangat institusi pendidikan untuk menghasilkan hasil karya terbaik untuk masyarakat .”

Kartiman menambahkan bahwa pengembangan kendaraan listrik beroda tiga tersebut harus didukung oleh seluruh pihak, baik pemerintah melalui lembaga teknis serta PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) selaku penyedia sumber daya listrik. Dirinya pun berharap agar kendaraan ini nantinya dapat diberikan izin laik jalan untuk masyarakat umum, tidak seperti sekarang yang izinnya hanya untuk Organda.

Sementara itu, Rektor IPB, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto, menambahkan bahwa sejak tahun 2015 lalu, IPB telah mencanangkan program ‘Green Transportation’ di dalam lingkungan kampus sebagai salah satu kontribusi institusi untuk mengurangi tingkat polusi akibat gas buang kendaraan. Sebagai langkah awal, dosen maupun staf kampus juga akan diajak untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional di dalam area kampus.

   
Penulis: