Ganti Filter Oli punya Vixion Biar Lebih Aman dan Awet

 25577 views

Dikarenakan kinerja pada lebih berat dibanding mobil, maka kebersihan oli wajib dijaga. Pasalnya, oli di motor nggak melulu melumasi piston dan teman-temannya. Tapi, juga melumasi sistem transmisi hingga bantu sirkulasi panas . Ngos-ngos deh…

Motor-motor keluaran terkini sudah dibekali . Mulai dari Jupiter MX hingga Scorpio. Ada 2 versi , yakni bahan kertas dan anyaman kawat. Bahan kertas seperti pada Jupiter MX, Jupiter Z-l hingga New . Lalu bahan anyaman kawat diadopsi Scorpio.

Penggunaan filter oli punya Scorpio lebih awet dan bikin lancar sirkulasi oli. Maksudnya, filter oli bahan kertas sifatnya sekali pakai. Nggak bisa dibersihin. Lain dengan bahan anyaman kawat. Cukup dikuas dan cuci bensin. Lifetime-nya lebih panjang selama anyaman tidak terkoyak.

Rata-rata usia pakai 4-5 kali lebih panjang dari bahan kertas. Filter oli Scorpio dengan kode 1UY-13440-02 dihargai Rp 87 ribu. Sementara punya V-ixion kode 1S7-E3440-00 cuma Rp 24 ribu.

Keuntungan lain, pori-pori filter ini lebih renggang dibanding kertas. Oli lebih deras bersirkulasi sehingga meminimalkan friksi antar komponen internal mesin. Minim mampat. Ibarat darah kalau lancar beredar di tubuh. Badan terjaga kesehatannya.

Oh iya, filter oli Scorpio bisa dipasang ke motor Yamaha lainnya. Dimensinya sama persis. Terlepas dari pilihan yang anda ambil, kondisi kebersihan filter oli wajib dijaga. Bila tidak, fatal akibatnya. Waspadalah!!

   
Penulis: