Harga di Bawah Rp 20 Juta, Motor Listrik Gesits Bakal Segera Diproduksi Massal

Bogor – Sepeda buatan dalam negeri, Gesits bakal segera diproduksi pada kuartal IV tahun 2017 dan dibuat di pabrik PT Wijaya Karya (WIKA) dan Konstruksi di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Selanjutnya, Gesits baru mulai dipasarkan pada paruh pertama 2018.

Motor Listrik Gesits – ardiantoyugo.com

Kerjasama antara Wika Industri dan Konstruksi dengan Garansindo Group dan Institut Sepuluh Nopember (ITS) telah diresmikan pada Jumat (18/8). Selain dihadiri oleh pihak-pihak yang berkepentingan, acara itu juga dihadiri oleh Menteri Riset dan Perguruan Tinggi, M. Nasir, serta perwakilan dari Kementerian Perindustrian, Kementerian BUMN, dan Kementerian ESDM.

“Setelah diproduksi oleh Wika Industri dan Konstruksi, Gesits lalu dipasarkan oleh Garansindo. Ini kolaborasi luar biasa antara perguruan tinggi untuk riset, industrialisasi , dan pemasaran yang semuanya dilakukan anak bangsa,” ujar Fery Hendriyanto, Direktur WIKA Industri dan Konstruksi, seperti dilansir Suara.

Sebagai permulaan, motor Gesits nantinya akan dirakit sebanyak 50.000 unit per tahun dan dipasarkan ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bali. Rektor ITS, Joni Hermana mengungkapkan jika riset Gesits sudah dilakukan oleh ITS 7 tahun lamanya dan diawasi oleh pihak Garansindo.

“Mereka (Garansindo) punya pengalaman luar biasa soal impor mewah sehingga standarnya demikian tinggi. Dari segi teknologi, saya rasa kami kompetitif. Perbandingannya ialah Tesla. Kami punya misi besar untuk membuktikan bahwa kami bisa melakukannya, dari tahap riset produk sampai hadir ke ,” kata Joni.

Dalam tiga tahun ke depan, Gesits ditargetkan dapat diekspor ke sejumlah negara Asia Tenggara. “Selama kita bisa mencukupi di sini, tahun 2020 kita harus bisa ekspor. Kami di Garansindo sejak awal bergabung dengan ITS sebetulnya visi dan misi kami adalah tidak hanya buat motor listrik biasa tapi yang mampu bersaing tak hanya standar nasional tapi juga ekspor,” ungkap Muhammad Al Abdullah, Chief Executive Officer Garansindo Group.

Abdullah juga mengklaim jika Gesits dapat diisi daya melalui steker listrik rumah atau di SPBU. “Enggak bisa juga? Tukar baterai (cadangan). Purnajual? Enggak perlu ganti oli. Garansi kami kasih lima tahun,” tegasnya.

“Harganya ya di atas Rp 15 juta di bawah Rp 20 juta lah kira-kira. Semua dibuat dengan komponen lokal, hanya seal baterai yang masih impor. Motor listrik kan selama ini dibilang mahal,” tandas Abdullah.

   
Penulis: