Harga Mulai Rp31 Jutaan, Motor Jawa Reborn di India

Sepeda-motor.info – Kabar gembira bagi mereka yang doyan motor-motor , terutama merek Jawa. Pasalnya, lebih dari dua dekade sejak terakhirnya dirilis, ini kembali dilahirkan di . Di Negeri Sungai Gangga, Jawa Motorcycles resmi meluncurkan tiga varian motor klasik sekaligus, dengan harga mulai Rp31 jutaan per unit.

Motor Jawa – naikmotor.com

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, adalah Mahindra India melalui Mahindra Classic Legends yang menghidupkan kembali sepeda motor asal Ceko tersebut. Terlahir kembali, Jawa dihadirkan dalam tiga varian, yaitu Jawa Classic, Jawa Forty Two, dan Jawa Perak bergaya bobber. Produk ini dipasarkan dengan harga mulai Rs 1,55 lakh atau setara Rp31 jutaan.

Jawa Classic, seperti namanya, mengusung yang terkesan lawas dan . Kuda besi ini dibuat semirip mungkin dengan motor-motor lawas. Dua knalpot yang menjadi ciri khas manufaktur juga tidak dihilangkan. Meski demikian, sisi mesin menerima pembaruan, dari tipe 2-stroke menjadi 4-stroke, berkapasitas 293cc, yang mampu menyemburkan tenaga puncak 27 HP dan torsi maksimal 30 Nm.

Untuk varian kedua, Jawa Forty Two, bisa dikatakan termasuk kategori . Sepeda motor ini secara keseluruhan mengusung desain yang tidak jauh berbeda dengan varian Classic, tetapi punya perbedaan sedikit. Setang yang dibawa Jawa Forty Two lebih rata dan lebih rendah daripada kepunyaan Jawa Classic, yang sekaligus memberikan kesan sporty. Selain itu, panel instrumen juga berdiri sendiri dari lampu depan, sedangkan sisi suspensi depan teleskopik diberi sentuhan hitam.

Sementara, untuk varian Jawa Perak, merupakan produk kustomisasi dari pabrikan. Sepeda motor ini membawa konsep bobber dan mengusung mesin lebih besar daripada kedua saudaranya. Pabrikan membekali ini dengan mesin berkapasitas 334cc, yang dikatakan mampu menyemburkan daya maksimal 30,4 PS dan menggapai torsi puncak 31 Nm.

Jawa Classic saat ini tersedia dalam tiga warna, yaitu hitam, merah marun, dan abu-abu, sedangkan varian Jawa Forty Two hadir dalam warna lebih banyak, seperti Hallys Teal, Galactic Green, Starlight Blue, Lumos Lime, Nebula Blue, dan Comet Red. Model Jawa Classic dilepas dengan harga sekitar Rp33 jutaan, harga Jawa Forty Two Rp31 jutaan, dan banderol Jawa Perak Rp38 jutaan.

   
Penulis: