Harga Sepeda Motor ATV di Indonesia : 50cc hingga 250cc

 77679 views

All Terrain Vehicle atau sebutan singkatnya ATV adalah satu jenis kendaraan khusus yang dibekali kemampuan untuk melalui semua medan jalan. Kendaraan beroda 4 yang juga disebut four-wheeler atau quad bike ini memang masih belum sepopuler motor trail, namun tampaknya ATV telah mulai pelan-pelan membuat orang penasaran untuk mengendarainya. Meski di dengan 4 roda, nyatanya ATV juga ada yang diproduksi dengan 3 roda dan 6 roda.

Jika Anda ingin merasakan mengendarai ATV Anda sendiri, maka Anda perlu menyiapkan budget sesuai dengan jenis ATV mana dan kapasitas berapa yang Anda inginkan. Harga ATV mulai dari cc paling kecil ditaksir mulai dari Rp 9 jutaan hingga yang terbesar mencapai Rp 60 jutaan. Berikut ini adalah perkiraan harga ATV yang beredar di pasaran Indonesia,

Harga (OTR)
ATV 50cc Matic Rp 9 juta
ATV Rp 9,5 juta
ATV 150cc Rp 20,15 juta
ATV 250cc Jeep Rp 36 juta
ATV 250cc Sport Rp 34,45 juta
ATV 400cc Rp 75 juta
Buggy 150cc Rp 35 juta
Buggy 250cc Rp 65 juta

Penggunaan ATV sebagai kendaraan dalam kota sudah dilegalkan di beberapa negara. Awalnya ATV hanya dirancang untuk kapasitas 1 orang pengemudi saja, namun kemudian dalam perkembangannya dirancang untuk digunakan oleh 1 orang pengemudi dan 1 orang penumpang. Pada dasarnya ATV sama dengan motor, hanya saja berbeda pada penambahan roda ekstranya. Roda ekstra ini nantinya akan berfungsi menjaga kestabilan kendaraan saat dipacu dalam kecepatan rendah. Menurut American National Standards Institute, ATV merupakan kendaraan yang beroperasi dengan menggunakan ban bertekanan rendah. Dikendalikan melalui sebuah gagang kemudi yang terpasang di bagian depan kendaraan, dan sebuah tempat duduk yang membentang sepanjang badan kendaraan.

Beberapa pabrikan yang telah meluncurkan ATV diantaranya adalah , , , dan . Suzuki sebagai pendobraknya telah memproduksi ATV pertama mereka pada tahun 1982 yang bernama QuadRunner LT125. Produsen selanjutnya yang menyusul adalah dan Kawasaki yang masing-masing meluncurkan FOurTrax TRX250R dan Tecate-4 250 secara hampir bersamaan di tahun 1986. kemudian menyusul di tahun 1987 dengan meluncurkan Banshee 350.

   
Penulis: