Harga Sepeda Motor Listrik Garasindo-ITS Cuma 15 Jutaan?

 2100 views

Jakarta – Hanya tinggal menunggu waktu, sepeda hasil garapan Institut Sepuluh Nopember () Surabaya dan PT akan diproduksi secara massal. Kabar tentang bocoran harganya pun membuat publik makin tak sabar menanti rilisnya revolusioner ini.

muhammad al abdullah garansindo – oto.detik.com

 

 

 

Diungkapkan oleh CEO Garansindo Muhammad Al Abdullah, sepeda motor ini akan dipatok setara dengan matik bermesin 110-125 cc, yakni di bawah kisaran Rp 20 juta per unit.

“Mungkin sekitar Rp15 jutaan sampai Rp18 jutaan,” katanya seperti dikutip oleh Liputan6, Jumat (11/3).

Motor listrik yang masih dirahasiakan namanya ini akan melaju dengan jantung pacu bertenaga 5kW atau sekitar 6,7 hp. ini akan dipadukan dengan baterai Lithium 7 kWh yang dapat terisi penuh dalam masa pengisian 90 menit saja. Baterai ini mampu menjadi sumber daya untuk melaju sejauh 100 km dalam sekali pengisian maksimal. Secara teknis, ramah lingkungan milik motor listrik ini mampu mencapai Top speed 100 km/jam.

Menyambut baik kabar tersebut, Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI) Sigit Kumala mendukung rencana Garansindo dan ITS untuk segera meluncurkan motor listrik ramah lingkungan tersebut. Meski begitu, Sigit menduga program sepeda motor listrik baru akan efektif di pada tahun 2018 mendatang.

“Untuk kesiapan industri kami juga dalam proses ke arah sana (sepeda motor listrik). Tetapi enggak dalam tahun ini (2016), mungkin dua atau tiga tahun lagi. Kan PLN aja belum mulai, baru pembahasan mengenai infrastruktur,” ungkap Sigit sebagaimana dilansir dari laman Detik.

   
Penulis: