Harga Skutik Yamaha TMAX DX Setara Mobil, Apa Saja Keunggulannya?

 629 views

Jakarta – Kehadiran skutik bongsor TMAX DX memang sudah lama dinantikan oleh konsumen di Tanah Air. PT Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun mulai menyerahkan motor ini ke tangan konsumen mulai Sabtu (24/3) kemarin. Motor yang dijual dengan Rp 299,9 juta ini memang terpaut lebih mahal dari mobil Honda HR-V bertransmisi CVT yang dibanderol seharga Rp 283,5 juta. Lalu apa saja fitur dan yang diusung TMAX DX?

Yamaha TMAX DX – www.gridoto.com

Menurut Technical Education PT YIMM Agus Dimas Saputra, Yamaha TMAX DX adalah matic pertama Yamaha yang mengusung Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T). “Yamaha Tmax DX mengalami perubahan pada kerangka bodi yang lebih ringan, performa yang lebih baik, pengalaman berkendara, serta kenyamanan lebih maksimal,” ujar Agus di Jakarta, Sabtu (24/3), seperti dilansir Tempo.

TMAX DX juga didukung berbagai fitur unggulan yang menjadi penyempurnaan dari generasi sebelumnya, antara lain cruise control, traction control system, Yamaha D Mode, dan e-adjustable windscreen. Dengan adanya cruise control memungkinkan pengemudi berkendara pada konstan antara 50-140 km per jam supaya perjalanan jauh terasa lebih menyenangkan. “Fitur ini berguna sekali bagi mereka yang gemar jarak jauh. Motor dapat melaju stabil tanpa perlu menarik tuas gas,” paparnya.

Yamaha TMAX DX disebut-sebut sebagai pesaing Honda X-ADV yang dilengkapi mesin forward-inclined Parallel 2 Silinder 4 katup berteknologi fuel , DOHC berkapasitas 530 cc. Mesin tersebut diklaim dapat menyemburkan tenaga 45 tenaga kuda pada 6.750 rpm dan torsi 53 Nm pada 5.250 rpm.

Deputy General Manager PT YIMM Eddy Ang menambahkan, Yamaha Indonesia memperoleh jatah 60 unit Yamaha TMAX DX (batch pertama) yang diimpor langsung dari Jepang dalam kondisi completely build up (CBU). Dari 60 unit sekitar 40 unit di antaranya sudah dipesan konsumen. “Market skutik bongsor premium ini memang tidak besar, tapi kami menyediakannya untuk konsumen loyal,” katanya.

Urusan harga ternyata Yamaha TMAX DX melambung bukan karena keinginan Yamaha, melainkan karena dikenai pajak barang mewah. “Memang ada peningkatan harga yang cukup besar, tapi bukan karena kami ingin mengambil margin yang besar. Tapi memang, karena PPnBM yang naik menjadi 125 persen, sehingga harga Yamaha TMAX DX mencapai Rp 299.900.000. Untuk itu kami sangat mengapresiasi kepada konsumen yang sudah menunggu, dan kami akan all out untuk melayani konsumen (konsumen Yamaha TMAX DX),” pungkasnya.

   
Penulis: