Skuter Legendaris dan Paling Diburu, Berapa Harga Vespa SS90?

 371 views

Bagi Anda yang mengaku sebagai penggemar Vespa, pasti sudah tidak asing lagi dengan Vespa Super Sprint 90. Sering juga disebut Vespa SS90, ini adalah model legendaris, diproduksi cukup terbatas, dan menjadi salah satu yang paling diincar para pencinta klasik dan kolektor. Karena itu, tidak heran jika skuter klasik ini dikatakan dapat mencapai angka menyentuh ratusan juta per unit.

Meski sekarang Vespa telah bertransformasi menjadi skuter otomatis, namun lawas buatan Piaggio memang masih menjadi salah satu target utama buruan banyak penggemar sepeda motor. Pasalnya, dengan bentuk yang unik mirip tawon serta nilai sejarah yang panjang, Vespa semok dengan mesin 2-tak terlihat eksklusif dibandingkan banyak kendaraan roda dua yang beredar di masa sekarang.

Dengan masih banyaknya pencinta Vespa klasik, tidak mengherankan jika kemudian ditemukan sejumlah komunitas scooterist, demikian para penunggang Vespa disebut. Walau teknologi yang dibawa kendaraan mereka kalah canggih dari motor-motor dengan sistem injeksi, mereka tidak malu untuk tampil di jalanan.[1]

Para anggota komunitas ini berkumpul dan kerap melakukan touring. Vespa dimodifikasi tanpa batasan, bahkan ada yang sampai disebut dengan Vespa gembel. Mereka benar-benar suka mengembara, menjelajah dari satu kota ke kota lainnya. Ini juga menjadi salah satu manifestasi bagaimana skuter asal Italia tersebut mampu membuat hidup mereka kaya .[2]

Baca juga:   Sepeda Motor Bosowa-Hyosung yang Mengaspal di Indonesia

Review Vespa SS90

Sebenarnya, ada banyak Vespa lawas yang menjadi idola konsumen. Namun, salah satu yang dicari para kolektor adalah Vespa SS90. Bersama dengan seri Grand (GS), varian Super Sprint (SS) ini dikatakan sebagai model klasik yang bernilai tinggi. Jika diibaratkan sebuah hotel, kedua model tersebut dapat dikatakan setara dengan hotel bintang lima.

Vespa SS90 banyak dicari oleh para kolektor, terutama karena jumlahnya yang terbilang langka. Bahkan, kelangkaan varian ini terbilang cukup ekstrem, karena cuma diproduksi sebanyak 5.309 unit di seluruh dunia antara rentang tahun 1965 hingga 1971. Sebagian besar telah hilang karena kerusakan karat, waktu, dan pengendara yang terlalu ambisius.

Vespa SS90 – silodrome.com

Secara , kebanyakan Vespa berbagi struktur dasar yang serupa. Tubuh terbuat dari unibody baja yang dipres dengan mesin dan penggerak akhir, lantai atau pijakan kaki berbentuk datar dan lebar, adanya fairing depan sebagai perlindungan terhadap angin, roda cadangan di bawah fairing di samping mesin, jok atau kursi kembar, dan lampu depan tunggal berbentuk bundar.

Baca juga:   Suzuki GSX150 Bandit Meluncur, Diklaim Lebih Agresif dan Tampilan Mirip Satria FU

Varian SS90 sendiri dikembangkan sebagai tipe sport dari skuter, dengan dummy fuel tank, roda cadangan yang terletak di tengah, fairing aerodinamis yang lebih sempit di bagian depan, dan bantalan di atas tangki, sehingga pengendara dapat duduk lebih rendah di belakang lampu untuk mengurangi hambatan jika melaju pada kecepatan yang lebih tinggi. Kala pertama dirilis, menawarkan dua pilihan warna, yakni merah dan biru.

Sementara, untuk sektor jantung pacu, perusahaan asal Negeri Pizza telah membekali varian ini dengan mesin tipe 2-tak, silinder tunggal, pendingin udara, berkapasitas 88,5cc, dengan bore x stroke 47 x 51 mm dan rasio kompresi 8,7:1. Mesin itu dipasangkan dengan gearbox 4 percepatan, yang dikatakan dapat melaju pada kecepatan puncak 93 km per jam, meskipun ini agak bergantung pada bobot dan koefisien aerodinamika pengendara.

Spesifikasi Vespa SS90

Tipe Mesin 2-tak, silinder tunggal, pendingin udara
Kapasitas Mesin 88,5cc
Bore x Stroke 47 x 51 mm
Rasio Kompresi 8,7:1
Daya Maksimal 6 HP @ 6.000 rpm
Kecepatan Maksimal 93 km per jam
Akselerasi 0,70 km per jam 12,7 detik
Transmisi Manual, 4-speed
Kapasitas Bahan Bakar 5 liter
Konsumsi Bahan Bakar 2,6 liter per 100 km
Dimensi (panjang x lebar) 1.650 x 550 mm
Berat 77 kg
Jarak Sumbu Roda 1.160 mm
Tinggi Jok 745 mm
Baca juga:   Kenalkan, Ini Dia Varian Motor Trail Teranyar Suzuki RM-Z450 2018

Harga Vespa SS90

Seperti disampaikan di atas, karena merupakan salah satu unit yang melegenda, harga Vespa SS90 terbilang mahal dibandingkan model lainnya. Jumlahnya yang terbatas pun membuat banderol tipe ini bisa mencapai angka ratusan juta per unit. Di pasaran global, satu unit Vespa SS90 dihargai 7.000 dolar AS sampai 15.000 dolar AS atau Rp106 juta hingga Rp228 jutaan (kurs 1 dolar AS = Rp15.200).

Lalu, berapa harga kendaraan lawas tersebut di pasaran dalam negeri?Sebenarnya, tidak jauh berbeda. Salah satu pemilik sempat menawarkan skuter ini di forum komunitas online dengan harga berkisar Rp129 jutaan. Bahkan, ada yang menjual Vespa SS90 dengan harga mencapai angka Rp340 jutaan. Sebuah angka yang sangat fantastis, bukan?

[1]Rachmad, Teguh Hidayatul. 2015. Vespa Trash Culture Fan Communities in Bangkalan Madura. Communication Sphere, Vol. 1(1): 1-7.

[2] Ibid.

   
Penulis: