Harley Davidson Dyna Street Bob, Bobber Sejati nan Sederhana

 2060 views

Mungkin tidak ada habisnya jika kita berbicara tentang motor besar Harley Davidson. Merek ini seolah sudah menjadi jaminan mutu untuk kategori guna keperluan touring atau jarak jauh. Perusahaan otomotif yang didirikan di Milwaukee itu sendiri telah melemparkan ratusan untuk memenuhi hasrat mereka yang gemar berpetualang.

Harley Davidson Dyna Street Bob – www.autoevolution.com

 

Meski secara umum motor buatan Harley Davidson dikhususkan untuk kebutuhan touring, namun asal Negeri Paman Sam dapat dibagi menjadi tujuh tipe atau varian. Tipe motor Harley adalah Touring, Cruiser, Buell, , Dyna, Sportster, dan V Rod. -model tersebut dibedakan berdasarkan tipe frame, engine atau , suspensi, dan juga karakteristik lainnya.

Khusus untuk model Dyna, ini adalah motor gede yang dikenal sebagai rubber mount karena kuda besi tersebut memiliki dua buah shock breaker di bagian belakang. Perbedaan paling signifikan dengan tipe Harley yang lain adalah HD Dyna memiliki sebuah karet pada bagian mesin yang berfungsi untuk mengurangi getaran. Motor ini, selain bisa digunakan sebagai kendaraan jarak jauh, juga sangat cocok digunakan sebagai alat transportasi harian.

Harley Davidson Dyna sendiri dapat dibagi ke dalam 6 varian, yaitu Swtichback, Wide Glide, Super Glide Custom, Fat Bob, Street Bob, dan Low Rider. Dan, khusus untuk artikel kali ini, kita akan membahas sedikit tentang model Harley Davidson Dyna Street Bob.

Dyna Street Bob merupakan sepeda motor yang ditujukan untuk perjalanan jarak jauh namun dikemas dalam gaya bobber sejati, nyata, dan sederhana. Motor ini memiliki jok tunggal, sepatbor chopped belakang, mini-ape, bagian bawah fork dan triple clamp berwarna hitam pekat, serta sentuhan akhir mesin yang juga berwarna hitam.

Di bagian jantung pacu, pabrikan AS membekali Dyna Street Bob dengan mesin V-Twin 103, pendingin udara, berkapasitas 1.690cc. Dengan modal tersebut, motor yang dijual mulai USD 13.839 (varian Vivid Black) tersebut mampu mencapai torsi puncak hingga 126 Nm pada putaran 3.250 rpm. Berikut teknis Harley Dyna Street Bob.

Panjang 2.395 mm
Tinggi Jok 680 mm
Jarak ke tanah 120 mm
Kemiringan Fork 29 derajat
Jarak Sumbu Roda 1.630 mm
Ban Depan 100/90-19 57H
Ban Belakang 160/70-17 73V
Bahan Bakar 17,8 L
Berat 291 kg
Tipe Mesin Twin Cam 103, pendingin udara
Diameter x Langkah 98,4 mm x 111,1 mm
Kapasitas Mesin 1.690cc
Rasio Kompresi 9,7:1
Sistem Bahan Bakar Injeksi Bahan Bakar Port Sekuensial Elektronik (ESPFI)
Torsi Maksimum 126 Nm @ 3.250 rpm
Transmisi Manual, 6-speed
Starter Electric
Rem Depan Disc, 4-piston
Rem Belakang Disc, 2-piston
Lampu Indikator Lampu jauh, panel lampu arah, netral, tekanan oli rendah, diagnostik mesin, lampu sein, sistem keamanan, 6 , peringatan bahan bakar rendah, ABS
Pengukur Speedometer elektronik dengan odometer yang dipasang di tangki, jam waktu hari pada odometer, trip-meter ganda, tampilan RPM/gigi, pengukur bahan bakar dengan lampu peringatan bahan bakar rendah dan fitur hitung mundur, lampu indikator tekanan oli rendah, tampilan diagnostik mesin, lampu indikator LED, lampu indikator 6 kecepatan
   
Penulis: