Harley Davidson Electra Glide Ultra Classic, Touring Bike Sejati

 345 views

Dengan bodi yang gagah dan kokoh, gede buatan Harley Davidson memang sangat cocok digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh atau . Meski semua moge Harley Davidson bisa diajak untuk berpetualang, namun pabrikan asal Amerika Serikat telah mengklasifikasikan motor buatannya yang memang dibuat khusus untuk touring. Dan, salah satu motor buatan pabrikan asal AS untuk memfasilitasi kebutuhan ini adalah model Electra Glide Ultra Classic.

Harley Davidson Electra Glide Ultra Classic – moto.zombdrive.com

 

Pertama kali melihat tampang motor ini, pencinta otomotif pasti akan langsung dibuat terkagum-kagum. Pasalnya, motor yang telah dilahirkan sejak tahun 1965 itu mengusung aduhai dan elegan yang tampak pada balutan krom pada sekujur tubuh, lampu depan bundar yang diapit dua lampu sein dengan bentuk sama, cover headlamp berukuran lebar, windshield sebagai pelindung angin, tempat duduk yang nyaman dengan model berundak untuk pembonceng, hingga bagasi di bagian samping bodi.

Di bagian jantung pacu, pabrikan asal AS telah membekali motor ini dengan tipe 4-stroke, Milwaukee-Eight 107, Electronic Sequential Port Fuel Injection (ESPFI), berkapasitas 1.690cc. Dengan modal tersebut, motor ini mampu mencapai torsi maksimal 111,4 ft-lb pada putaran 3.250 rpm yang disalurkan melalui sistem transmisi manual 6 percepatan.

Saat ini, Harley Davidson menghadirkan model Electra Glide Ultra Classic dalam beberapa pilihan warna, yaitu Vivid Black, Color, dan Two-Tone. Untuk model Vivid Black ditawarkan mulai USD 24.149, varian Color dijual USD 24.749, sedangkan varian Two-Tone dipasarkan dengan mulai USD 25.199. Berikut spesifikasi teknis Harley Davidson Electra Glide Ultra Classic.

Manufaktur Harley Davidson
Model Electra Glide Ultra Classic – FLHTCU
Tipe Mesin Milwaukee-Eight 107
Diameter x Langkah 98,4 x 111, 1 mm
Sistem Pendinginan Air-cooled
Sistem Bahan Bakar Electronic Sequential Port Fuel Injection (ESPFI)
Mesin 1.690cc
Torsi Maksimum 111,4 ft-lb @ 3.250 rpm
Transmisi 6-speed Cruise Drive
Starter Electric
Panjang 102,1 inch
Tinggi Jok 27,4 inch
Jarak ke Tanah 5,5 inch
Jarak Sumbu Roda 64 inch
Ban Depan BW 130/80B17 65H
Ban Belakang BW 180/65B16 81H
Kapasitas Bahan Bakar 6 gallons
Berat 860 lb
Rem Disc, 4-piston

Pada tahun 2013 lalu, Harley Davidson juga sempat merilis edisi spesial motor ini melalui divisi Vehicle Operation (CVO). Paras motor untuk memperingati 110 tahun perjalanan Harley tersebut dihiasi dengan fitur-fitur premium, termasuk midnight pearl sebagai warna khusus anniversary, serta emblem dan pernak-pernik peringatan 110 tahun Harley.

Kesan eksklusif juga tampak pada permainan krom pada knalpot ganda, setang, handgrip, footstep, pedal rem, standar, dan panel instrumen. Model ini juga mengaplikasikan LED pada headlamp dipadu dengan nuansa krom, serta tatanan dashboard yang sedikit bernuansa art deco modern pada bulatan instrumen lainnya, serta jok dan fender yang lebih menawan. Model yang diproduksi terbatas tersebut ditawarkan mulai USD 43.839.

   
Penulis: