Harley-Davidson LiveWire Dirilis, Harga Dibanderol Rp 420 Jutaan

Las Vegas – Harley-Davidson resmi meluncurkan listriknya, LiveWire dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat. Bersamaan dengan peluncuran elektrik tersebut, pihak HD juga membuka keran pemesanan untuk Harley-Davidson LiveWire. Berdasarkan informasi dari situs resminya, Harley-Davidson LiveWire dijual dengan mulai USD 29799 atau sekitar Rp 420 jutaan.

Harley-Davidson LiveWire – insideevs.com

Motor Harley-Davidson LiveWire bukan sembarang motor. Kendaraan satu ini dilengkapi berbagai canggih seperti HD Connect Service, Telematic Control Unit yang mendukung LTE (4G), dan dipadukan dengan beragam konektivitas serta layanan penyimpanan Cloud menggunakan aplikasi (app) pada smartphone.

Layaknya gadget canggih, LiveWire akan mengirimkan data ke layanan Cloud dan pengguna dapat melihatnya dari smartphone. Fitur yang disajikan berupa status baterai, perkiraan cakupan jarak, dan mengecek lokasi. Bahkan sang pengendara pun bisa tahu jika ada yang menggeser atau menyerempet motor saat sedang diparkir. Fitur standarnya bisa mengingatkan waktu untuk servis berkala dengan notifikasi pada aplikasi.

Sayangnya pihak HD masih belum mengumumkan secara detail lainnya dari LiveWire. HD hanya mengungkapkan data soal akselerasi LiveWire yang dapat mencapai 100 km per jam dari posisi diam hanya dalam hitungan 3,5 detik. Jika baterai dalam kondisi terisi penuh, maka LiveWire bisa menempuh jarak tempuh hingga 177 km. Baterai LiveWire dapat diisi dengan colokan Level 1 dan membutuhkan waktu semalaman agar baterai bisa terisi penuh. Tersedia pula fitur fast charging untuk pengisian baterai yang lebih cepat.

Harley-Davidson memang telah lama menggagas proyek sepeda motor listrik LiveWire sejak tahun 2014 lalu. “Tunggu saja sampai Anda menaikinya, rasanya benar-benar sebuah Harley-Davidson,” kata Wakil Presiden Museum Harley-Davidson dan cicit dari William A. Davidson, Bill Davidson, seperti dilansir Suara. Pasalnya William menegaskan jika LiveWire tetap dibangun dengan DNA Harley-Davidson, sehingga tampilan dan suaranya tetap sesuai dengan motor-motor HD selama ini.

Harley-Davidson LiveWire akan diproduksi di pabrik yang ada di York, Pennsylvania, AS dan mulai dipasarkan tahun 2019. Pengiriman sendiri dilakukan pada bulan Agustus 2019 mendatang. Harley-Davidson LiveWire tersedia dalam 3 pilihan , yaitu vivid black, yellow fuse, dan orange fuse.

   
Penulis: