Harley-Davidson Rilis 2 Moge Sportster Terbaru dengan Gaya Klasik

Pabrikan legendaris asal Milwaukee, merilis Sportster , yakni Iron 1200 dan Forty-Eight Special di Amerika Serikat. Kedua sangar ini hadir dengan mengusung bernuansa ‘jadul’, terlihat dari pemakaian stang tinggi serta perpaduan grafis pada bagian tangki bahan bakar ala motor tahun 1970-an.

Harley-Davidson Forty-Eight Special – www.harley-davidson.com

“Gayanya merefleksikan tren kontemporer yang sedang populer di dunia modifikasi, beranjak dari kesan rumit ke sederhana,” kata Vice President of Styling & Design Harley-Davidson, Brad Richard, seperti dilansir Oto.

Harley-Davidson Sportster Iron 1200 dan Fourty-Eight Special menggunakan mesin modern Evolution 1200 V-Twin dengan pendingin udara yang memiliki kapasitas 1.202 cc. Mesin yang diusung kedua motor HD ini disebut-sebut dapat menghasilkan torsi puncak 99 Nm pada 3.500 rpm. Kemudian di sektor keamanan telah dilengkapi dengan pengereman anti-lock braking system (ABS), dan fitur Harley-Davidson smart security system.

Jika ditinjau dari segi performa, sebenarnya Iron 1200 dan Fourty Eight memiliki dapur pacu yang tak jauh berbeda. Perbedaan kedua moge ini hanya ada pada bagian desain grafis di tangki bahan bakar. Harley-Davidson Fourty Eight di bagian tangkinya menggabungkan garis tebal dengan huruf, , dan elemen formal yang nge-tren di awal 70-an. “Seni pada tangki bahan bakar ini mencerminkan tren kontemporer motor, simpel, sederhana dan bersih,” jelas Richard.

Sedangkan untuk Sportster Iron 1200 mengedepankan gaya lebih sporty dengan dominasi warna hitam di sekujur tubuhnya, mulai dari spatbor depan, cover lampu, tangki bensin, knalpot, mesin, jok hingga spatbor belakang. Bagian grafis tangki mengusung gradasi biru dan putih. Selain itu tersedia pula pilihan tangki dengan warna lain seperti twisted cherry (merah) dan billiard white (putih).

Dibandingkan Iron 1200, Sportster Fourty-Eight Special memiliki tampilan lebih naked dengan ciri khas ban tebal ukuran 130/90-16 di depan dan 150/80-16 di belakang, khas gaya bobber. “Kami spesifik memilih stang jenis tallboy, lebih tegak dari min-ape (yang dipakai Iron 200). Cocok untuk Fourty-Eight Special yang memiliki paras mungil dengan tangki lebih kecil,” kata Richard.

Bagian tangki bahan bakar hanya berukuran 2,2 gallon atau sekitar 8,3 liter. Tangki tersebut mengusung warna merah dengan grafis hitam. Ada pula warna lain untuk tangki, yakni wicked red (merah) dan billiard white (putih). Suspensinya pun lebih besar, diameter 49 mm demi mempertegas kesan bobber.

Di Amerika, Harley-Davidson Sportster Iron 1200 dijual dengan harga USD 9999 atau sekitar Rp 136 juta, sedangkan Sportster Fourty-Eight Special USD 11299 atau sekitar Rp 154 juta. Jika keduanya masuk Indonesia tentunya harganya bisa lebih mahal lagi.

   
Penulis: