Harley Davidson Rocker C, Chopper Istimewa Penuh Gaya

Jika Anda penggemar chopper dan menginginkan sebuah kuda besi tangguh, maka Anda bisa berpaling ke Rocker C yang diproduksi pabrikan ternama, Harley Davidson. Ketika pertama kali melihat motor ini, mungkin sulit rasanya untuk mengatakan bahwa Rocker C merupakan standar alias tanpa custom. Pasalnya, garis radikal serta bodi yang terpahat dengan nuansa dan gaya low rider meninggalkan sedikit keraguan bahwa motor ini berasal dari sebuah toko tala terkemuka.

Harley Davidson Rocker C – www.chopperexchange.com

 

Rocker C sendiri merupakan yang benar-benar baru yang diluncurkan Harley, bersama dengan model Rocker pada tahun 2008. Motor ini kala itu diluncurkan untuk menandai sepak terjang pabrikan asal AS di industri roda dua global selama 105 tahun, bersama dengan model CVO terbaru dan juga versi anyar Dyna Fat Bob.

Jika berbicara tentang Rocker C, semuanya adalah tentang gaya. Sistem trick jok menyembunyikan pembonceng di bawah kursi pengemudi yang cukup nyaman, meski modelnya sederhana. Pembonceng tidak perlu melekat pada fender belakang, melainkan pada kursi pengemudi dengan cara lipat, sehingga memungkinkan suspensi bergerak lebih leluasa.

Sementara itu, ban belakang berdiameter 240 mm dibungkus fender besar, dan di depan tersemat suspensi konvensional berukuran 49 mm pada sudut 36,5 derajat serta alloy wheel 5-spoke yang sangat halus. Dengan sasis yang dilebur warna chrome yang melimpah, motor ini pasti mengundang decak kagum siapa saja yang memandangnya.

Mengenai masalah ergonomi, Rocker C terbukti menghadirkan posisi berkendara yang sangat nyaman, meski terlihat sulit di awal. Bahkan, setelah perjalanan beberapa jam, pengendara dijamin masih betah berada di atas kursi. Namun, tangki bahan bakar dengan lurus serta manik-manik garpu kecil mungkin bisa menimbulkan beberapa masalah.

Rocker C juga sangat stabil pada tinggi serta lincah pada menengah, meski sekilas memiliki bodi yang tidak terlalu besar. Sistem rem, terdiri dari disc brake 292 mm di roda depan dan roda belakang, umumnya melakukan pekerjaan dengan baik mengingat motor ini memiliki tenaga lebih ganas dari yang diperkirakan.

Di bagian jantung pacu, pabrikan AS membekali motor ini dengan mesin V-Twin, air-cooled, push-road activated valves with self-adjusting lifters, two valves per cylinder, berkapasitas 1.584cc. Dengan modal tersebut, Rocker C mampu mencapai torsi maksimal 124,7 Nm pada putaran 3.000 rpm melalui sistem transmisi manual 6 percepatan.

Pada tahun 2011, Harley sempat menghadirkan Rocker C terbaru yang masih dengan trick seat, cat premium, krom, raked out chopper fork, dan chopped front fender. Kala itu, motor ini dilepas dengan mulai USD 19.499 atau sekitar Rp259 jutaan. Berikut teknis Harley Rocker C yang meluncur tahun 2008.

Model Harley Davidson FXCWC Rocker C
Tipe Mesin V-Twin, air-cooled, push-road activated valves with self-adjusting lifters, two valves per cylinder
Kapasitas Mesin 1.584cc
Diameter x Langkah 95,25 x 111,25 mm
Rasio Kompresi 9,2:1
Sistem Bahan Bakar Electronic Sequential Port Fuel Injection (ESPFI)
Starter Electric
Torsi Maksimum 124,7 Nm @ 3.000 rpm
Transmisi 6-speed
Suspensi Depan Teleskopik 49 mm
Suspensi Belakang Horizontal mounted
Rem Depan Single disc 292 mm, 4-piston
Rem Belakang Single disc 292 mm, 2-piston
Ban Depan 90/90-19
Ban Belakang 240/40R-18
Berat Kosong 313 kg
Kapasitas Bahan Bakar 18,9 L
   
Penulis: