Harley-Davidson Siapkan Motor 338cc Pakai Basis Benelli?

 126 views

Beijing – Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, legendaris asal Milwaukee, Amerika Serikat, saat ini tengah mempersiapkan produksi berkapasitas lebih kecil. Bahkan kabarnya HD bakal meluncurkan berkubikasi 338 cc dalam waktu dekat. Proses produksinya sendiri akan dilakukan di China.

Harley-Davidson – www.motorbeam.com

Dalam rangka mewujudkan motor tersebut, Harley-Davidson akan menjalin kolaborasi dengan produsen asal China, Qianjiang Motorcycle Company yang ada di bawah naungan Geely Group. Sebagai informasi, Qianjiang sendiri telah menjual banyak motor, termasuk Benelli.

“Kerja sama ini merupakan program jangka panjang dari Harley-Davidson. Sebab, mereka memang menargetkan pertumbuhan 50 persen penjualan pada 2027 mendatang. Salah satu strategi yang akan dilakukannya adalah dengan masuk ke pasar motor harian,” demikian seperti dilansir Rideapart melalui Jawapos.

Menurut laporan Motorbeam, Harley-Davidson 338 cc tersebut akan dibuat menggunakan basis Benelli 320S. Bahkan kabarnya akan ada banyak mekanik dari Benelli 320S yang disematkan pada Harley-Davidson 338 cc, misalnya saja chassis dan suspensi serta lainnya dari Benelli 320S. Namun untuk urusan dapur pacu, kemungkinan Harley-Davidson 338 cc akan menggunakan dari Benelli 300 cc atau 500 cc, apalagi karena Benelli 302S mempunyai yang lebih kecil dari 338 cc.

Apabila sesuai dengan rencana, maka produksi Harley-Davidson 338 cc tersebut kabarnya tak akan membutuhkan waktu yang lama. Terlebih karena pihak Harley-Davidson telah mengonfirmasi jika motor berkapasitas kecil tersebut akan mulai dijual pada akhir tahun 2020 mendatang. Motor Harley-Davidson kecil itu nantinya memang akan diperuntukkan bagi pasar China. Namun negara-negara Asia yang lain disebut-sebut juga bakal memperoleh jatah Harley-Davidson ber-cc kecil itu.

Sebagai informasi, Harley-Davidson sendiri sebenarnya telah memiliki Street 500 yang termasuk kelas entry level. Tetapi guna menggenjot penjualan dari segmen pasar yang lebih luas, Harley-Davidson ingin membuat motor dengan mesin yang lebih kecil untuk penggunaan harian.

   
Penulis: