Harley Davidson Sportster Iron 883, Si Bobber Hitam Pekat

Jika Anda penggemar besar, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan merek Harley Davidson. Perusahaan asal Negeri Paman Sam ini memang telah populer sebagai produsen yang gemar menelurkan -motor besar, tak cuma dari , tetapi juga kapasitas mesin. Umumnya, motor besar keluaran Harley ditujukan untuk kebutuhan perjalanan jarak jauh atau touring.

Harley Davidson Sportster Iron 883 – commons.wikimedia.org

 

Secara garis besar, motor besar buatan Harley dapat dibedakan menjadi tujuh atau . Dan, salah satu yang bertahan cukup lama di pasar dunia adalah tipe Sportster. Pasalnya, tipe ini telah dibangun Harley sejak tahun 1952 silam. Hingga kini, pabrikan AS masih memproduksi Sportster karena tingginya permintaan dari pasar global.

Awalnya, produksi Sportster ditujukan untuk bersaing dengan besar buatan pabrikan asal Inggris, seperti Norton, BSA, maupun Triumph. Motor ini pertama kali hadir dengan mesin berkapasitas 747cc dan mengubah letak block mesin. Sportster sekaligus menjadi motor pertama milik Harley yang menggunakan garpu teleskopik hidrolik dan peredam kejut.

Sayangnya, model pertama ini belum cukup mumpuni untuk bersaing dengan para kompetitor. Pasalnya, Sportster era itu hanya mampu meraih tenaga maksimal 40 HP dan puncak 130 km per jam, jauh dari para pesaing asal Inggris yang sanggup menempuh maksimal 160 km per jam. Karena itu, pada tahun 1954, Harley kemudian menghadirkan seri KH yang mengendong mesin 883cc dan mampu meraih daya puncak 54 HP.

Sepanjang sejarahnya, Sportster hadir dalam berbagai varian, mulai Model K dan KK, Model KR, Model KH dan KHK, hingga XL Series. Kini, di milenium yang baru, pabrikan AS menghadirkan Sportster dalam setidaknya enam varian, yaitu SuperLow, Iron 883, 1200 Custom, Forty-Eight, SuperLow 1200T, dan juga Roadster.

Dari beberapa seri Sportster, yang cukup laris di pasaran adalah model Sportster Iron 883. Motor ini hadir dengan desain bobber yang didominasi hitam pekat di seluruh tubuhnya. Dalam beberapa tahun sejak diperkenalkan, performa motor ini semakin baik. Suspensi disetel secara optimal, sedangkan jok tampil dengan desain kerut. Di bagian kaki, roda aluminium hadir dengan cor hitam dengan keunggulan yang diproses mesin.

Di sektor jantung pacu, pabrikan yang berbasis di Milwaukee membekali Sportster Iron 883 dengan mesin Evolution, pendingin udara, sistem bahan bakar injeksi, berkapasitas 883cc. Dengan modal tersebut, motor ini sanggup mencapai torsi puncak 68 Nm pada putaran 4.750 rpm melalui sistem transmisi manual 5 percepatan.

Saat ini, Harley menghadirkan seri Sportster Iron 883 dalam pilihan warna hitam pekat serta hard candy custom. Untuk model standar, ditawarkan dengan mulai USD 8.949 di pasar global. Berikut spesifikasi teknis Harley Davidson Sportster Iron 883.

Panjang 2.185 mm
Tinggi Jok 760 mm
Jarak ke Tanah 140 mm
Jarak Sumbu Roda 1.515 mm
Depan 100/90-B19 57H
Ban Belakang 150/80-B16 77H
Kapasitas Bahan Bakar 12,5 L
Berat Kosong 247 kg
Tipe Mesin Evolution, pendingin udara
Kapasitas Mesin 883cc
Diameter x Langkah 76,2 x 96,8 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi Bahan Bakar Port Sekuensial Elektronik (ESPFI)
Transmisi 5-speed
Torsi Maksimum 68 Nm @ 4,750 rpm
Rem Cakram piston ganda
   
Penulis: