Harley Davidson Sportster Seventy-Two, Moge Chopper Khas 1970-an

 5704 views

Harley Davidson selama ini memang identik dengan produk gede () kelas premium yang membuat pengendara layaknya raja jalanan. Dan, dari sekian produksi pabrikan asal Amerika Serikat yang telah beredar di pasaran, chopper merupakan salah satu varian yang banyak digemari.

harley davidson sportster seventy two – www.totalmotorcycle.com

 

Harley Davidson sendiri telah merilis beberapa moge chopper untuk pasar . Salah satu yang menarik perhatian adalah seri Harley Davidson Sportster. Seri ini sudah dirilis sejak tahun 1957 silam dan ditetapkan dengan kode mulai XL. Dan dari sekian banyak varian Sportster milik Harley Davidson, model Seventy-Two merupakan varian yang cukup populer.

Motor ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 lalu dengan kode XL1200V. Sportster Seventy-Two mengusung desain dengan gaya klasik awal 1970-an. Ini tampak pada model tangki bahan bakar berbentuk seperti kacang, velg jari-jari pada roda, garpu depan yang sedikit lebih panjang, jok model single seat dengan ukuran rendah, mini stang, hingga suspensi yang rendah.

Pada model terbaru, Sportster Seventy-Two juga telah dibekali dengan ABS (Anti-lock Brake System) pada pengereman yang berfungsi meningkatkan kinerja pengereman secara keseluruhan untuk keamanan pengendara. Sementara, fitur Smart Security System ditujukan untuk meningkatkan keamanan motor secara lebih detail untuk menghindari pencurian.

Secara keseluruhan, Sportster Seventy-Two memiliki ukuran panjang 89,6 inci dengan tinggi jok 26,9 inci serta jarak sumbu roda 60,6 inci. Moge dengan bobot 546 lb ini juga dibekali dengan tangki bahan bakar berkapasitas 2,1 gal.

Untuk sektor jantung pacu, pabrikan membekali Sportster Seventy-Two dengan berkapasitas 73,4 cu inci, air-cooled, ESPFI (Electronic Sequential Port Fuel ). Dengan bekal tersebut, moge yang dibanderol dengan mulai USD 11.099 ini mampu meletupkan torsi puncak menembus 70,8 ft-lb pada putaran 3.500 rpm. Berikut spesifikasi teknis Harley Davidson Sportster Seventy-Two.

Panjang 89,6 inci
Jarak ke Tanah 5,2 inci
Tinggi Jok 26,9 inci
Jarak Sumbu Roda 60,6 inci
Berat 546 lb
Bahan Bakar 2,1 gal.
Ban Depan MH90-21 54H
Ban Belakang 150/80B16 17H
Rem Cakram Dual piston
Mesin air-cooled, evolution, ESPFI (Electronic Sequential Port Fuel Injection)
Isi Silinder 73,4 cu in.
Torsi Maksimal 70,8 ft-lb @ 3.500 rpm
   
Penulis: