HBMI Siapkan SOIB Racer 250, Ini Bocoran Spesifikasi dan Harganya

 1874 views

Mungkin, sebagian dari Anda masih belum begitu familiar dengan sepeda SOIB. SOIB merupakan brand lokal yang diproduksi oleh PT Hobby Indonesia (HBMI). SOIB sendiri baru diperkenalkan pertama kali di pasar Tanah Air pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) pada tahun 2015 lalu.

SOIB Racer 250 – www.pinterest.com

 

Saat itu, HBMI langsung meluncurkan dua motor sekaligus yang bermain di segmen adventure dan retro. SOIB Adventure dihadirkan untuk para petualang yang menginginkan sepeda motor sekaligus menjelajah berbagai medan. Kombinasi mesin tangguh berkapasitas 400cc yang didatangkan langsung dari Perancis dan terjangkau membuat HBMI yakin ini mampu bersaing di pasar lokal.

Sementara, model kedua adalah SOIB Racer yang mengadopsi sepeda motor era 1970-1980-an, yang tampak pada lekukan, garis grafis, lampu berbentuk bulat, jok landai, hingga setang berbentuk lebar dan tinggi. Di jantung pacu, motor ini menggendong mesin 397,2cc, silinder tunggal,4 katup, SOHC yang cukup ganas di balik tampang jadulnya yang kalem dan antik.

Dua sepeda motor tersebut memang masih mengadopsi pencampuran bahan bakar karburator. Namun, HBMI mengklaim bahwa dua SOIB tersebut sudah lulus uji emisi Euro3. SOIB Adventure dibanderol dengan harga Rp82 juta, sedangkan satu unit SOIB Racer 400 ditawarkan mulai harga Rp65 juta.

Selain dua motor tersebut, menurut kabar terbaru, HBMI berencana merilis model SOIB Racer dengan mesin 250cc. Diketahui, kode motor ini sudah terdaftar di TPT (Tanda Pendaftaran Tipe) Kementerian Perindustrian yang didaftarkan bersama model Racer 125 pada November 2015 lalu atas nama PT Maju Jaya Indo Cemerlang dan telah memperoleh izin produksi sebanyak 1.000 unit per Agustus 2016.

Menurut bocoran yang beredar, SOIB Racer 250 ini nantinya akan mengusung tampilan retro di sekujur tubuhnya dengan tangki teardrop. Tampilan klasik motor ini juga tampak pada desain headlamp yang berbentuk membulat. Sementara, untuk sektor kaki, mengusung suspensi depan model upside down dan suspensi belakang tipe dual-shock, dengan sasis diamond “memeluk” swing arm.

Kemudian, di sektor pengereman, telah tersemat rem jenis cakram, baik di roda depan maupun belakang.  Velg pada roda mengusung model jari-jari dan muffler berbentuk selonjor di bawah tepat di sebelah ban belakang yang diperkirakan bertipe enduro.

Selain tampilan, beredar juga bocoran harga untuk SOIB Racer 250 ini yang dibanderol di kisaran Rp45.000.000 (off the road). Sementara, saudaranya, SOIB Racer 125, ditawarkan dengan harga lebih murah, yaitu Rp35.000.000 (off the road). Kini, kita tunggu saja kehadiran dua motor dengan tampang klasik ini.

   
Penulis: