HMW Admiral Sportief, Classic Bike Antik Berharga Puluhan Juta Rupiah

 389 views

Anda suka dengan motor atau penggemar motor antik? Kalau iya, Anda pasti sudah tidak asing dengan beberapa motor lawas yang pernah mengaspal di Indonesia. Meski saat ini kurang begitu dikenal, namun merek-merek ini setidaknya pernah membawa beberapa produk berkualitas di pasar otomotif Indonesia di era 1950-an hingga 1960-an.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa merek motor klasik yang pernah mengaspal. BSA atau Birmingham Small Arms Company adalah merek terkenal yang pernah merilis beberapa produknya di Tanah Air. Tipe populer dari pabrikan asal Inggris di Indonesia adalah C12 bermesin 125cc keluaran tahun 1956 dan Goldenflash Twin 650cc tahun1957.

HMW Admiral Sportief – www.bikepics.be

 

Selain itu, ada juga merek Norton yang juga berasal dari Birmingham, Inggris. Di tahun 1960-an, merek ini terkenal karena prestasi yang diraihnya di arena balap. Di Tanah Air, Norton pernah memiliki satu motor legendaris, yaitu ES berkapasitas 500cc yang dirilis tahun 1952. Ketika itu, motor ini diimpor untuk meremajakan kendaraan para petugas lapangan.

Nama Ducati menjadi merek otomotif terkenal lainnya yang pernah wara-wiri di Jakarta pada tahun 1956. Saat itu, model asal Italia yang terlihat berjalan di bawah langit Jakarta adalah Ducati 55 atau di negara asalnya disebut dengan Cucciolo (anak anjing mungil). Di Indonesia, motor ini sering disebut dengan sepeda kumbang.

Untuk Eropa Timur, motor klasik yang populer di Indonesia salah satunya adalah JAWA. Merek yang berasal dari Ceko ini (bukan Pulau Jawa) hadir dalam beberapa tipe, salah satunya model JAWA 250 Zeispan.

Tak cuma Ceko saja yang mewakili kawasan Eropa Timur, Austria juga tak mau ketinggalan dalam mengirimkan motor unik dan klasik ke Indonesia, yaitu HMW. HMW Motorcycles merupakan pabrikan yang berdiri di Austria pada tahun 1949. Sayangnya, umur perusahaan ini tergolong singkat dan harus tutup buku pada tahun 1969 atau cuma bertahan dua dekade.

Namun, di rentang usianya yang pendek, HMW setidaknya pernah beberapa kali melempar motor berkualitas, salah satunya model HMW Admiral. Siapa pun yang melihat motor ini, pasti langsung dibuat kesengsem dengan bodi yang unik. Seperti model Hummel buatan DKW, motor ini hadir dengan bentuk menyerupai sepeda kayuh, yang tampak pada single seat, ukuran roda dan pelek, model setang, hingga model footstep atau pijakan kaki.

Selain model , HMW juga pernah meluncurkan model Admiral Sportief yang dirilis di era tahun 1950-an. Berbeda dengan model , desain motor ini sudah lebih menyerupai sepeda motor “sesungguhnya” dengan tangki bahan bakar berukuran sedang, lampu depan model tunggal berbentuk bulat, knalpot model bambu, dan sebuah mesin berkapasitas 50cc.

Saat ini, di Indonesia, ada beberapa produk langka HMW Admiral Sportief yang dijual oleh pemiliknya melalui situs jual beli . Namun, karena barang antik, yang ditawarkan untuk sepeda motor ini memang tidak murah, minimal Rp35 jutaan.

   
Penulis: